Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi mengajak para pemuda di wilayah tersebut untuk bangkit dan bersatu dalam melakukan inovasi-inovasi serta kreativitas demi kemajuan bangsa dan negara.
 
Sebab, hal tersebut sesuai dengan amanah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 yang mengusung tema "Bersatu Membangun Bangsa" dan harus bisa mendorong seluruh elemen masyarakat, terutama para pemuda untuk membangun daerahnya masing-masing.
 
"Kami mengimbau kepada seluruh pemuda di Kota Bengkulu agar dapat mengisi aktivitas nya dengan hal-hal positif yang bermanfaat dan tolong hindari kegiatan negatif yang bisa merugikan diri sendiri, orang tua maupun bangsa," kata dia saat Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di kawasan Kota Merah Putih Bengkulu, Sabtu.
 
Ia menerangkan, pemuda di Kota Bengkulu dapat berpartisipasi mendukung perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah untuk membangun bangsa.
 
Sebab, pemuda merupakan kekuatan moral, kontrol sosial dan agen perubahan sebagai perwujudan fungsi, peran, karakteristik serta kedudukan strategis dalam pembangunan nasional.
 
Sehingga, tanggung jawab dan peran strategis pemuda dalam semua dimensi pembangunan perlu ditingkatkan
.
Oleh karena itu, lanjut Arif, peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, apa dan bagaimana seharusnya pemuda berperan sebagai kunci atau penerus bangsa Indonesia.
 
Sementara itu, pada peringatan hari Sumpah Pemuda tersebut, Arif Gunadi juga membacakan amanah dari Menpora Dito Ariotedjo, salah satunya yaitu mengajak para pemuda mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.
 
Untuk strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.
 
Diketahui, pada pelaksanaan upacara tersebut juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, TNI, Polri, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyarakat dan mahasiswa serta pelajar.
 
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023