Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memastikan komitmen daerah bersama BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan secara optimal kepada masyarakat.

"Kami terus berupaya meningkatkan berbagai pelayanan masyarakat salah satunya yaitu peningkatan layanan kesehatan untuk masyarakat Bengkulu," kata dia di Bengkulu, Sabtu.
 
Ia mengatakan hal itu saat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa di DPRD Provinsi Bengkulu dalam rangka HUT Ke-55 Provinsi Bengkulu.
 
Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Bengkulu baru-baru ini telah menjalin komitmen dengan BPJS Kesehatan dan seluruh unit layanan kesehatan, baik rumah sakit swasta maupun rumah sakit pemerintah.
 
Salah satu bentuk komitmen tersebut, kata dia, terkait dengan masyarakat Bengkulu yang mempunyai tunggakan BPJS Kesehatan yang harus tetap mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.
 
"Kemarin, komitmen kami menandatangani dengan BPJS dan seluruh pelayanan kesehatan rumah sakit pemerintah maupun swasta karena kami sudah jamin tanpa terkecuali walaupun punya tunggakan belum punya kartu semua kalau datang ke unit layanan kesehatan harus dilayani itu komitmen yang lain," kata dia.
 
Gubernur Rohidin mengatakan masyarakat Bengkulu akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan peserta non-BPJS maupun yang menggunakan BPJS kesehatan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.
 
"Tidak ada lagi biaya tambahan apapun, obat sesuai kebutuhan andai obat kurang maka pihak pemberi layanan tidak boleh mengatakan tidak ada, tidak boleh ada pembatasan tiga hari empat hari (saat rawat inap) pulang, kemudian tidak boleh ada diskriminasi lagi antara peserta BPJS dan tidak BPJS," ucapnya.
 
Selain itu, ia mengimbau masyarakat yang belum mendaftar BPJS Kesehatan segera mendaftar dengan menggunakan NIK ataupun KK ke layanan BPJS Kesehatan.
 
"Pendaftarannya kalau belum ada BPJS cukup dengan KK atau bawa NIK ini komitmen yang telah kami bangun antara BPJS dan pemberi layanan ini kado paling besar untuk masyarakat Provinsi Bengkulu di hari ulang tahun ini," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023