Bengkulu (Antara) - Pemerintah Kota Bengkulu mulai mengevaluasi titik-titik penting pengawasan lalu-lintas arus mudik Lebaran 1436 Hijriah.

"Arus mudik kami perkirakan mulai pada minggu kedua Juli atau akhir minggu ketiga bulan puasa, kami akan pantau apakah perlu penambahan lokasi pengawasan bagi personel gabungan pemkot dan kepolisian atau tidak," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kota Bengkulu, Selupati, di Bengkulu, Selasa.

Sebelum dilaporkan ke Kepolisian Resor Kota Bengkulu pada awal minggu pertama Juli, pihaknya sudah harus menyelesaikan evaluasi kebutuhan lalu-lintas arus mudik.

"Waktu pelaksanaan koordinasi arus mudik belum tahu, sepertinya minggu depan, karena Kamis ini baru rapat masalah transportasi mudik di tingkat provinsi," kata dia lagi.

Dia menyebutkan, beberapa poin penting dari evaluasi itu, yakni kepadatan arus kendaraan, tingkat kemacetan, tingkat kerawanan, dan kesiapan infrastruktur jalan.

"Di lokasi yang dianggap rawan, kami sarankan adanya posko terpadu pengawasan, begitu juga dekat jalan rusak atau daerah yang dianggap cocok sebagai tempat peristirahatan," katanya.

Selain itu, titik pengawasan yang diberlakukan setiap menghadapi lebaran, tidak ada perubahan, seperti di sepanjang destinasi wisata Pantai Panjang hingga Pantai Pasar Bengkulu.

Menurutnya, akan ada rekayasa arus lalu-lintas satu arah, mengingat setiap lebaran, kunjungan ke destinasi wisata tersebut selalu meningkat.

"Selain itu, pos yang tetap yakni di daerah pusat perbelanjaan seperti sepanjang Jalan Suprapto, dan juga di perbatasan daerah yakni di Betungan (berbatasan dengan Kabupaten Seluma) dan Terminal Sungai Hitam (berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah)," ujarnya.

Berkaitan kesiapan kondisi jalan, kata dia lagi, sesuai dengan laporan Dinas Pekerjaan Umum setempat, lokasi jalur mudik ditargetkan selesai diperbaiki.

"Begitu juga rambu-rambu jalan yang dipasang di kawasan penting diperlukan untuk memperlancar kesiapan arus mudik dan balik Lebaran. Semuanya selesai kami kerjakan," ujarnya pula.***4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2015