Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Rejang Lebong mengajak pengurus organisasi masyarakat (ormas) setempat untuk menjaga stabilitas politik guna menyukseskan Pemilu 2024 di daerah itu.

"Ormas menjadi salah satu bagian penting untuk menyukseskan Pemilu 2024. Kami mengajak pengurus ormas di Rejang Lebong agar dapat menjaga stabilitas politik dan berpartisipasi aktif," kata Kepala Badan Kesbangpol Rejang Lebong Zulfan Efendi di Rejang Lebong, Rabu.
 
Dia menjelaskan, peranan Kesbangpol Kabupaten Rejang Lebong dalam pelaksanaan pemilu tahun depan memiliki tanggung jawab untuk mengajak berbagai elemen masyarakat termasuk ormas untuk turut serta dalam mendukung kesuksesan proses demokrasi.
 
Menurut dia, peran strategis ormas ialah pada kemampuannya dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terkait proses pemilu, maupun terkait pelaksanaannya nanti.
 
Dengan adanya keterlibatan aktif ormas tersebut, kata dia, diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada tingkat partisipasi pemilih. Apalagi ormas sebagai representasi masyarakat juga dapat membantu memperkuat keterkaitan antara proses politik dengan kehidupan sehari-hari warga.
 
"Kesbangpol memiliki tanggungjawab untuk mengajak ormas agar berperan aktif dalam memberikan edukasi, informasi, dan mendorong partisipasi masyarakat," terangnya.
 
Dia berharap melalui kolaborasi yang kuat antara Kesbangpol dan ormas dapat menyukseskan Pemilu 2024, kemudian juga bisa menciptakan pemerintahan yang lebih demokratis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
 
Sementara itu untuk jumlah ormas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong saat ini terdata sebanyak 54 organisasi, di mana sebanyak 38 organisasi dan 16 lainnya sudah tidak aktif lagi. Sedangkan untuk LSM yang aktif sebanyak 18 organisasi dan 10 LSM lainnya sudah tidak aktif lagi.
 
Keberadaan ormas dan LSM yang masih aktif dan tidak aktif lagi ini diketahui dari laporan yang dibuat masing-masing organisasi ke Kesbangpol Rejang Lebong dalam bentuk laporan bulanan dan laporan tahunan.
 
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023