Universitas Bengkulu meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023 untuk kategori badan publik (BP) perguruan tinggi berkualifikasi "Informatif".

“Alhamdulillah, UNIB (Universitas Bengkulu) meraih predikat tertinggi, informatif. Suatu prestasi yang membanggakan bagi kita semua," kata Rektor UNIB Dr Retno Agustina Ekaputri lewat keterangan elektronik di Bengkulu, Selasa.

Baca juga: Rektor Universitas Bengkulu terpilih jadi panelis debat cawapres

Untuk bidang keterbukaan informasi publik, UNIB yang sudah tiga tahun terakhir bertahan di predikat "Menuju Informatif". Dan kali ini akhirnya pada 2023, UNIB dinobatkan sebagai Badan Publik (BP) Perguruan Tinggi berkualifikasi "Informatif".

"Hasil ini bukan saja menunjukkan komitmen yang tinggi dari pimpinan dan civitas akademika UNIB terhadap keterbukaan informasi publik, tapi juga sebagai bukti bahwa kompetensi dan eksistensi UNIB saat ini sudah sejajar dengan perguruan tinggi terkemuka lainnya di Indonesia," kata dia.

Kualifikasi Informatif merupakan predikat tertinggi dalam ajang pemeringkatan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan Komisi Informasi (KI) Pusat.

Baca juga: Universitas Bengkulu tambah 10 guru besar

Hal tersebut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap implementasi keterbukaan informasi publik di badan publik bersangkutan. Sedangkan, predikat di bawahnya yaitu kualifikasi "Menuju Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif, dan Tidak Informatif".

UNIB meniti jalan panjang mulai dari kualifikasi "Cukup Informatif" sejak 2016 dan kemudian mengalami peningkatan menjadi BP perguruan tinggi "Menuju Informatif" pada 2020 yang menempatkan UNIB kurang lebih di posisi tengah dari universitas-universitas lainnya.

Tidak berpuas diri dengan posisi tengah tersebut, UNIB terus meningkatkan komitmen tentang pentingnya keterbukaan informasi publik, serta terus berupaya melakukan berbagai inovasi dalam mengimplementasikan keterbukaan informasi publik sesuai dengan tujuan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca juga: Presma UNIB: Pemilih muda harus diyakinkan dengan cara berkualitas

Hal itu juga sejalan dengan misi institusi untuk mewujudkan tata kelola UNIB yang baik, transparan dan akuntabel sebagai upaya mendorong UNIB unggul, hingga tercapainya visi UNIB menjadi universitas bertaraf internasional pada 2025.

"Pengelolaan dan pelayanan informasi dioptimalkan, pengembangan website dilakukan, serta intensitas dan kualitas informasi yang disampaikan ke publik terus di tingkatkan secara signifikan," ujarnya.
 

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023