Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bengkulu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk kembali melaksanakan vaksinasi sebab saat ini ketersediaan vaksin COVID-19 di wilayah tersebut tersedia dan gratis.
 
Untuk masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi dosis ketiga dan keempat untuk mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk di data agar dilakukan penyuntikan vaksin.
 
"Stok vaksin COVID-19 saat ini sudah tersedia di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan jika ada warga Kota Bengkulu yang ingin suntik Vaksin untuk segera mendaftar ke fasilitas kesehatan yang ada," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kota Bengkulu Joni Haryadi Thabrani di Bengkulu, Sabtu.
 
Ia menyebutkan, imbauan tersebut dilakukan agar masyarakat Kota Bengkulu dapat terlindungi dari penyebaran virus COVID-19 varian terbaru.
 
Selain itu, masyarakat diminta untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan termasuk menerapkan kembali protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.
 
Kemudian mengkonsumsi makanan bersih, bergizi dan sehat serta rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.
 
"Tentu pola hidup bersih dan menerapkan protokol kesehatan seperti kebiasaan cuci tangan, dan penggunaan masker menjadi salah satu cara agar terhindar dari serangan penyakit termasuk COVID-19" ujar dia.
 
Joni juga mengimbau agar masyarakat untuk rutin memeriksa kesehatan di fasilitas kesehatan khususnya saat mengalami gejala mirip COVID-19 seperti misalnya flu dan batuk.
 
Sementara itu, untuk masyarakat yang sedang atau hendak bepergian ke luar kota ataupun masuk ke Kota Bengkulu harus memastikan kesehatan, menggunakan masker serta menerapkan protokol kesehatan dengan mencuci tangan dan lainnya.
 
Meskipun demikian, masyarakat diimbau untuk tidak panik atau khawatir secara berlebihan, sebab warga telah menerima vaksinasi COVID-19 dari tahap pertama bahkan keempat.
 
Selain itu, hingga saat ini Dinkes Kota Bengkulu belum menemukan kasus COVID-19 varian terbaru.
 
"Hingga saat ini belum ada temuan COVID-19 terbaru, selain itu saya percaya masyarakat Kota Bengkulu telah ter vaksinasi dengan baik sehingga tidak mudah terinfeksi COVID-19 varian baru," terang Joni.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023