Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu membentuk tim yang melakukan penilaian dan pendataan rumah warga yang akan diusulkan sebagai penerima program bantuan kabel listrik Standar Nasional Indonesia (SNI) gratis dari pemerintah setempat.
 
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Minggu, mengatakan, pemerintah daerah sejak 2023 memprogramkan bantuan kabel listrik SNI guna mencegah kebakaran yang disebabkan arus pendek listrik.
 
"Kalau untuk pencegahan kebakaran, programnya bantuan kabel listrik, tahun ini khusus pendataan dulu yang akan dilaksanakan oleh tim," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pihaknya akan melibatkan aparat penegak hukum (APH) dari Kejaksaan Negeri dan Polres, PT PLN dan pihak ketiga PLN yakni instalator di dalam tim ini.
 
Ia menargetkan pendataan rumah warga yang akan diusulkan sebagai penerima program bantuan kabel listrik SNI gratis dari pemerintah setempat dapat diselesaikan sebelum APBD perubahan atau pada Agustus 2024.
 
Menurut dia, secara umum penerimanya adalah keluarga ekonomi menengah ke bawah, kemudian secara teknis kabelnya memang sudah layak diganti dan rumahnya semi permanen.
 
"Kami berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait termasuk APH untuk menentukan kriteria rumah warga yang menerima program bantuan kabel listrik gratis dari pemerintah daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024