Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, memastikan semua tempat pemungutan suara Pemilu 2024 di daerah ini ramah bagi pemilih disabilitas yang akan menyalurkan hak suaranya pada 14 Februari mendatang.

Koordinator Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Mukomuko Misbahul Amri di Mukomuko, Senin, mengatakan sebanyak 585 tempat pemungutan suara (TPS) telah disiapkan untuk para pemilih di daerah ini.

"Tidak ada TPS yang khusus ramah penyandang disabilitas karena semua TPS dapat digunakan oleh penyandang disabilitas dan semuanya ramah penyandang disabilitas," ujarnya.

Amri menjelaskan sebanyak 919 orang penyandang disabilitas di Mukomuko tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan akan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Masyarakat dari kalangan disabilitas yang terdaftar sebagai pemilih di Mukomuko terbagi dalam enam kategori, terbanyak dari penyandang disabilitas fisik tercatat 408 orang dan paling sedikit penyandang disabilitas intelektual ada 53 orang.

Kemudian, pemilih dari penyandang disabilitas sensorik wicara ada 147 orang, pemilih disabilitas sensorik netra 88 orang, pemilih dari penyandang disabilitas mental 161 orang, dan pemilih dari penyandang disabilitas sensorik rungu 62 orang,

"Pelayanan untuk pemilih penyandang disabilitas akan diprioritaskan dan mereka tidak perlu antre saat di TPS," tambah Amri.

Mengenai surat suara untuk penyandang disabilitas, Amri mengatakan surat suara yang tersedia untuk tunanetra dengan memakai huruf braille hanya pada surat suara pilpres, sedangkan untuk surat suara pemilihan legislatif (DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten), mereka pakai pendamping.

KPU Kabupaten Mukomuko telah menetapkan jumlah pemilih yang masuk DPT Pemilu 2024 sebanyak 138.240 orang, sebanyak 919 orang di antaranya pemilih dari kalangan penyandang disabilitas dan 7.140 orang pemilih pemula.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024