Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bengkulu mengatakan hingga saat ini pelaksanaan pemungutan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) khusus di wilayah tersebut berjalan lancar 
 
"Kalau hingga saat ini (TPS khusus) belum ada temuan dugaan pelanggaran dan berjalan dengan tertib," kata Ketua Bawaslu Kota Bengkulu Rahmat Hidayat saat ditemui di Lapas Kelas IIA Bengkulu, Rabu.
 
TPS khusus di Kota Bengkulu berasa di dua kecamatan yaitu Kecamatan Muara Bangkahulu dan Kecamatan Teluk Segara.
 
Enam TPS khusus tersebut terdiri dari dua TPS di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA, satu TPS di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bengkulu, satu di Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu dan dua TPS di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Bengkulu.
 
Ia menyebutkan, setelah melakukan pengawasan seperti kelancaran ketersediaan logistik terhadap enam TPS khusus tersebut tidak ditemukan adanya dugaan pelanggaran yang terjadi.
 
Sebab, TPS khusus memiliki kriteria dan prosedur tersendiri dalam melaksanakan pemungutan suara pada Pemilu 2024 sehingga tidak sama dengan TPS pada umumnya.
 
Sementara itu, sebanyak 491 warga binaan dan29 petugas melakukan pemungutan suara di Lapas kelas IIA Bengkulu pada Pemilu 2024 
 
Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Bengkulu Santoso menerangkan total warga binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Bengkulu sebanyak 876 orang. 
 
Namun, yang ditetapkan oleh KPU Kota Bengkulu bisa memilih di Pemilu ini sebanyak 491 warga binaan.
 
"Hasil monitor saya, situasi pencoblosan disini (Lapas Kelas 2A Bengkulu,red) berjalan lancar dan tetap kondusif. Kami juga memastikan di Lapas Kelas IIA Bengkulu tidak ada intervensi dari pihak manapun," terang dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024