Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menyebutkan, kuota penerimaan bantuan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan gratis pada 2024 sebanyak 33 ribu warga di wilayah tersebut.
 
"Alhamdulillah, program BPJS ini sudah banyak membantu warga. Ini bentuk komitmen Pemerintah Kota Bengkulu dalam menghadirkan kebahagiaan di tengah masyarakat," kata Penjabat Wali Kota Bengkulu Arif Gunadi di Bengkulu, Kamis.
 
Dari jumlah penerima program pada 2024 berdasarkan data dari BPJS Kesehatan hingga Februari sebanyak 26.887  warga telah terdaftar BPJS gratis Pemkot Bengkulu.
 
Sehingga, masih terdapat 6.113 kuota lagi untuk masyarakat Kota Bengkulu yang dapat memanfaatkan program BPJS gratis tersebut.
 
Ia menyebutkan, dengan meningkatnya jumlah penerima program BPJS gratis pemerintah kota dapat meringankan beban pemerintah pusat dalam membantu warga yang membutuhkan program BPJS gratis.
 
Program BPJS gratis tersebut dilanjutkan karena sebagai bentuk perhatian Penjabat Wali Mota Bengkulu Arif Gunadi untuk menjamin kesehatan warganya.
 
Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan program BPJS gratis tersebut dapat mendaftarkan ke Mal Pelayanan Publik (MPP) bekas Balai Kota dengan membawa fotokopi kartu keluarga (KK) dan surat keterangan tidak mampu.
 
Sebelumnya, pada Desember 2023 Pemkot Bengkulu telah melakukan penandatanganan nota kesepakatan dan rencana kerja pada 2024 dengan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu untuk memastikan program jaminan kesehatan gratis berlanjut.
 
Dengan adanya penandatanganan tersebut, Pemkot Bengkulu memastikan program BPJS Kesehatan untuk masyarakat tidak mampu akan terus berlanjut hingga 2024.
 
Melalui program tersebut, warga tidak mampu di Kota Bengkulu sangat terbantu dengan adanya BPJS kesehatan gratis dan dapat berobat ke rumah sakit tanpa memikirkan biaya.
 
Diketahui, Pemkot Bengkulu mengusulkan anggaran sebesar Rp15 miliar untuk program BPJS gratis pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2024.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024