Pakar ekonomi optimis Prabowo-Gibran lanjutkan pembangunan tol Bengkulu Pakar ekonomi Dr Anzori Tawakal optimis Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka segera melanjutkan pembangunan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau (Sumatera Selatan) pasca-pelantikan presiden terpilih periode 2024-2029.
 
"Saya optimis tol Bengkulu-Lubuk Linggau segera dilanjutkan sisa pembangunannya oleh pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya, karena kan juga mengusung keberlanjutan dari pemerintahan sebelumnya," kata Dr Anzori Tawakal di Bengkulu, Kamis.
 
Namun, kata dia, sikap optimis tersebut tentu juga harus diikuti oleh upaya pemerintahan provinsi, kabupaten, kota, dan seluruh elemen pemangku kepentingan serta masyarakat untuk meyakinkan pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya untuk segera melanjutkan pembangunan dua dari tiga seksi tol yang belum dibangun.

Baca juga: Bengkulu dukung wacana bangun Tol Bengkulu-Lampung
Baca juga: Gubernur: Bengkulu masuk dalam Keppres pembangunan tol
 
"Namun harus diikuti dengan strategi, yakni harus meyakinkan betul pemerintahan yang baru. Masyarakat Bengkulu dan semua elemen, pemerintahan daerah, anggota DPD RI, DPR RI dari Bengkulu, termasuk para calon investor harus meyakinkan Pemerintah Pusat tol ini agar dilanjutkan," kata dia.
 
Keberadaan tol tersebut, kata dia, begitu penting bagi Bengkulu, dan juga hendaknya segera terealisasi 100 persen, yang nanti menghubungkan Pulau Sumatra bagian tengah dan selatan ke Bengkulu.
 
"Tol ini membuka akses Sumatra bagian tengah dan selatan yang berada di lintas tengah Pulau Sumatra ke koridor tol laut perairan barat Sumatra, langsung terhubung ke Samudera Hindia. Ketika akses ini terbuka, seluruh sektor termasuk industri akan tumbuh oesat di Bengkulu," ucapnya.

Baca juga: Bersiap mendobrak "isolasi" Bumi Raflesia
Baca juga: Viral kawanan ternak memasuki jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung
 
Ketika akses Bengkulu ke jalur tengah Pulau Sumatra telah terkoneksi dengan tol, maka kata dia hal itu akan memangkas waktu tempuh dari sekitar 6-7 jam kalau menggunakan jalan konvensional, menjadi sekitar 30-40 menit saja kalau lewat tol.
 
"Semakin terbuka akses, maka wilayah itu pertumbuhan penduduknya juga semakin cepat, perjalanan dari dan ke Bengkulu semakin banyak. Hal ini membuka minat sektor industri untuk melirik Provinsi Bengkulu," ujarnya.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung seksi I pada 21 Juli 2023. Adapun Jalan Tol Taba Penanjung–Kota Bengkulu terbentang sepanjang 17,6 kilometer dan merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu yang total panjangnya mencapai 96 kilometer.

Baca juga: Gubernur sebut pembangunan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau berlanjut
Baca juga: Pemprov prioritaskan usulan lanjutan pembangunan Tol Bengkulu

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024