Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Sosial memberikan bantuan dengan mengantar langsung untuk satu keluarga yang menjadi korban kebakaran rumah di Desa Banjar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai.

"Hari ini kita antar bantuan untuk membantu pembangunan perumahan dan pangan untuk Priyanto, warga RT 4 Desa Banjarsari, Kecamatan Sungai Rumbai, yang menjadi korban kebakaran," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Edi Kasman di Mukomuko, Kamis.

Baca juga: Kebakaran RSUD Dunda diduga akibat hubungan arus pendek listrik
 
Ia mengatakan, pemda memberikan bantuan setelah mendapat informasi kebakaran yang menghanguskan satu bangunan rumah rumah dan usaha bengkel milik warga di Desa Banjarsari, Kecamatan Sungai Rumah, Rabu, namun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.
 
Pemerintah daerah setempat, kata dia, selain memberikan bantuan logistik bencana juga memberikan bantuan material untuk pembangunan rumah yang hangus terbakar.
 
Ia menyebutkan, bantuan untuk warga yang menjadi korban kebakaran berupa bahan material untuk membangun rumah meliputi papan mengantar kayu, seng sebanyak 1,5 kodi, paku, dan triplek 10 lembar.

Baca juga: Rumah Sakit Dunda Limboto di Gorontalo terbakar
 
Disamping itu, katanya, ada juga bantuan berupa sandang seperti makanan dan minuman untuk meringankan beban warga yang menjadi korban kebakaran rumah di wilayah tersebut.
 
"Seandainya korban rumah terbakar ini mau membangun rumah darurat dengan jumlah bahan material yang kita antar ini mudah-mudahan In syaa Allah bisa tinggal lagi dengan swadaya warga lagi untuk tenaga," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pemerintah daerah memberikan bantuan ini sifatnya stimulan, pemda memberikan bantuan berupa barang, lalu ada bantuan swadaya dari warga sehingga ada tempat atau hunian darurat warga yang terkena dampak bencana ini.
 
Selain bantuan dari pemerintah daerah, ia berharap, juga berharap ada peran dari pemerintah desa dan kecamatan untuk meringankan beban korban kebakaran rumah dengan cara meminta sumbangan dari warga lain.

Baca juga: Dua rumah di Kota Bengkulu hangus terbakar
 
Menurutnya, sumbangan dana dari warga diharapkan selain membantu kebutuhan pokok korban kebakaran, sekaligus digunakan untuk membayar upah tukang untuk membangun rumah warga yang terbakar.
 
Sementara itu, pemda selama tahun ini telah memberikan bantuan bahan material dan bantuan sembako kepada dua keluarga yang menjadi korban kebakaran rumah di Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman.
 
Halim (60) warga Desa Talang Arah, Kecamatan Malin Deman mendapatkan bantuan material dari dinas ini berupa 20 lembar triplek, dua kodi seng, tiga kilogram besi paku, dan 15 batang kayu kasau.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024