Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu memperketat pengawasan ketersediaan sembilan bahan pokok (sembako) guna memastikan stok pangan selama Ramadhan aman dan tercukupi di daerah itu.
 
"Disperindag kita minta mendeteksi dan melakukan pengecekan terhadap seluruh bahan sembako di pasaran, dan ini akan dilakukan rutin selama Ramadhan," kata Asisten II Pemerintah Kota Bengkulu Sehmi, Kamis.
 
Pada pengawasan tersebut, Pemkot Bengkulu juga berkoordinasi dengan perangkat daerah lainnya termasuk aparat kepolisian dalam mengantisipasi kendala distribusi dan penimbunan bahan pokok.

Pihaknya memastikan harga pangan di Kota Bengkulu stabil dan akan melakukan operasi pasar murah di beberapa titik yang ada di wilayah tersebut.
 
Kemudian, Pemkot Bengkulu juga menyiapkan dana sebesar Rp500 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni untuk pelaksanaan operasi pasar murah di wilayah tersebut.
 
Operasi pasar murah tersebut menjadi bagian Pemkot Bengkulu untuk mengendalikan inflasi daerah selama 2024. 
 
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagrin) Kota Bengkulu Erika Ariesanti menyebutkan, selain melakukan pengawasan, pihaknya juga melakukan pengecekan ditingkat distributor atau agen terkait harga beras, minyak goreng, gula pasir, dan lainnya.
 
"Stok sembako tidak ada masalah dan masih mencukupi kebutuhan masyarakat, asalkan hingga menjelang Idul Fitri tidak ada spekulan yang bermain," ujar dia.
 
Pengawasan dan pemantauan tersebut dilakukan juga sebagai upaya mencegah spekulan yang sengaja ingin mencari untung dalam kondisi menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.  

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024