Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar gerakan pangan murah untuk membantu masyarakat ekonomi kurang mampu mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga murah.
 
"Alhamdulillah antusias masyarakat di acara Gerakan Pangan Murah tinggi, kegiatan ini untuk bantu masyarakat," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko Elxandi Utria Dharma di Mukomuko, Senin.

Baca juga: Bupati Mukomuko berharap insan pers kedepankan etika jurnalistik
 
Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk mengisi berbagai jenis bahan kebutuhan pokok.
 
Ia mengatakan,  menjalin kerja sama dengan Bulog Bengkulu untuk menyediakan beras medium, pabrik beras untuk menyediakan beras premium.
 
"Sebanyak dua ton beras jenis medium yang habis terjual dalam acara ini, dan sebanyak 500 kilogram beras jenis premium," ujarnya pula.

Baca juga: Pemkab Mukomuko tunggu petunjuk pelaksanaan tes CASN
 
Ia mengatakan, instansinya juga menjalin kerja sama dengan kelompok tani dan usaha mikro kecil menengah sebagai mitra untuk memasarkan produk-produk lokal daerah ini.
 
Kemudian,  dalam gerakan pasar murah ini, instansinya juga menyediakan berbagai jenis sayuran, kecuali cabai merah dan bawang merah karena harga dua komoditas itu turun di pasar tradisional daerah ini.
 
Setelah ini, katanya, masih ada kegiatan Gerakan Pangan Mudah di Markas Rayon Militer (Koramil) daerah ini. Pihak Koramil bekerja sama dengan Bulog dan Dinas Ketahanan Pangan untuk menggelar Gerakan Pangan Murah.

Baca juga: Pemkab Mukomuko upayakan pembangkit listrik untuk lima kecamatan
 
Sementara itu, instansinya sudah memiliki Gerai Pangan Lokal bertujuan untuk memastikan ketersediaan komoditas pangan dengan harga yang wajar. Lalu Melalui Gerai Pangan Lokal, Pemerintah Mukomuko bekerja sama dengan usaha menengah kecil (UMK), kelompok tani, dan gabungan tani (gapoktan) untuk memasarkan produk dan komoditas yang mereka hasilkan.
 
"Gerai Pangan Lokal baru saja selesai dibangun tahun ini, dan langsung diresmikan untuk segera digunakan. Ini adalah langkah kami untuk membantu masyarakat," ujarnya.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024