Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar bursa kerja (job fair) pada 30 Mei 2024 dengan menyediakan ratusan lowongan kerja dari berbagai jenis.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bengkulu Firman Romzi di Bengkulu, Senin, menyebutkan penyelenggaraan bursa kerja tersebut guna mengurangi angka pengangguran, meningkatkan ekonomi, dan juga taraf hidup masyarakat di wilayah tersebut.
 
"Ya, berbagai lowongan kerja tersedia. Nanti semuanya langsung dilayani sesuai SOP berlaku. Di sini nanti para pelamar akan langsung diwawancara," ujar dia.
 
Pada pelaksanaan bursa kerja tersebut, lanjutnya terdapat 40 perusahaan yang membuka lowongan seperti PT Indomarco, Yamaha, JNT, dan lainnya. Kegiatan itu digelar di salah satu mall di Kota Bengkulu pada 09.00 WIB hingga 22.00 WIB.
 
Pada pelaksanaan bursa kerja, terang Firman, Disnaker Kota Bengkulu juga menyiapkan layanan pembuatan kartu kuning untuk para pelamar yang belum memilikinya.
 
Sebab kartu kuning atau kartu AK 1 mencantumkan beberapa informasi tentang pemiliknya dan informasi tersebut meliputi nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP, data kelulusan, hingga sekolah dan universitas tempat pencari kerja memperoleh gelar tergantung pada pendidikan terakhir.
 
Kemudian Disnaker Kota Bengkulu juga memberi data calon pencari kerja kepada pihak perusahaan dan data-data pencari kerja tersebut didapatkan dari nama para pencari kerja yang telah terdaftar dan memiliki kartu kuning.
 
Oleh karena itu Firman mengimbau kepada para pencari kerja yang datang ke bursa kerja untuk menyiapkan berkas lamaran dan Curriculum Vitae (CV) terbaik.
 
"Job fair dilakukan dalam rangka memperjuangkan hak warga agar mendapat kemudahan dalam mencari pekerjaan dan saya berharap melalui kegiatan ini angka pengangguran di Kota Bengkulu semakin menurun dan mengurangi angka kemiskinan tentunya," ucap dia.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024