Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah menganggarkan dana sebesar Rp600 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) guna melakukan pemasangan 245 lampu jalan untuk pemukiman masyarakat.
 
"Sudah ada alokasi anggaran sekitar Rp600 juta untuk pengadaan 245 lampu jalan dan lampu jalan ini sudah mulai kita guyur sejak bulan lalu," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu Hendri Kurniawan di Bengkulu, Senin.
 
Ia menyebutkan, untuk jenis lampu yang dipasang tersebut terdiri atas daya 120 watt sebanyak 65 unit dan 60 watt sebanyak 180 unit.
 
Untuk pemasangan lampu jalan telah dilakukan secara merata di kawasan prioritas yang tersebar di sembilan kecamatan se-Kota Bengkulu dengan skala prioritas yang ditetapkan seperti jalan menuju rumah ibadah/masjid. 
 
"Pemasangan lampu jalan sudah dilakukan mulai dari kawasan Betungan, Pagar Dewa, Penurunan, Anggut Atas, Bumi Ayu, Lingkar Barat, Sawah Lebar dan sejumlah kawasan lain di Kota Bengkulu," ujar dia. 
 
Sementara itu, terkait banyaknya permintaan masyarakat terhadap pemenuhan lampu jalan, Dishub Kota Bengkulu akan mengusulkan kembali anggaran untuk pengadaan lampu pada APBD perubahan 2024.

Baca juga: Bengkulu luncurkan fasilitas ekspor langsung komoditas unggulan daerah
Baca juga: Dinkes Bengkulu terus lakukan penyuluhan antisipasi peningkatan DBD
 
"Dalam APBD perubahan 2024, kita coba kembali mengusulkan penambahan lampu jalan. Berapa jumlah anggaran yang disetujui nantinya akan menyesuaikan kemampuan APBD," terangnya.
 
Selain itu, saat ini Dishub Kota Bengkulu berupaya memperbaiki sebanyak 3 ribu lampu jalan secara perlahan serta melakukan inovasi untuk pembaruan sistem lampu jalan tersebut.
 
Kepala Bidang Prasarana Perhubungan Dishub Kota Bengkulu Soni Risdianto, menerangkan bahwa lampu jalan yang mengalami kerusakan seperti bentuk bola lampu sampai ke fisik atau tiang lampu.
 
"Untuk lampu yang rusak sudah di ajukan pergantian baru namun ada juga yang sifatnya pemeliharaan artinya perbaikan, jika ingin diselesaikan serentak APBD tidak cukup untuk itu," katanya.

Baca juga: KPKNL Bengkulu libatkan pemda untuk menagih piutang
Baca juga: BMKG: Suhu panas di Bengkulu akibat penguapan cukup tinggi
 
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Dishub Kota Bengkulu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu melakukan perawatan terhadap lampu jalan yang ada di wilayah tersebut.
 
Lanjut Soni, saat ini keseluruhan lampu jalan yang ada di Kota Bengkulu termasuk di ruas jalan utama dan gang perumahan mencapai 15 ribu unit.
 
Sebanyak 15 ribu lampu jalan tersebut terdiri dari jenis Lampu Light Emitting Diode (LED), lampu tenaga surya dan lampu yang bisa diganti manual sama seperti lampu rumahan.

Baca juga: Dinsos Bengkulu terima bantuan senilai Rp1,5 miliar dari Kemensos
Baca juga: Pencairan Rp17,48 miliar untuk 1.301 penerima tunjangan profesi guru

 

Belajar harmoni dalam keberagaman dari Desa Rama Agung Bengkulu Utara

 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024