Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu melakukan perluasan areal tanam pangan selama 2024 sebesar 15.842 hektare guna meningkatkan hasil produksi pangan.
 
Sebanyak 15.842 hektare lahan terdiri dari 8.407 hektare dengan program pompanisasi, 7.435 hektare melalui penanaman di lahan kering atau padi gogo.
 
"Itu (15.842 hektare) total target perluasan areal tanam yang kita usahakan terealisasi pada 2024," kata Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu M. Rizon saat di konfirmasi di Bengkulu, Senin.
 
Ia menyebutkan, program tersebut juga akan dilakukan dengan optimalisasi lahan mati atau lahan tidak produktif di Provinsi Bengkulu saat ini.
 
Seperti, perbaikan pada sistem pompanisasi atau pompa air, yang saat ini dibutuhkan bagi lahan yang mengalami kekurangan sumber air untuk nelayan di Bengkulu.
 
Dengan adanya optimalisasi dari pompa air lahan pertanian, dapat mendorong program perluasan lahan pada areal pertanian di Provinsi Bengkulu dan mewujudkan ketahanan pangan yang stabil di Provinsi Bengkulu nantinya.
 
Menurut Rizon, perluasan areal tanam di Provinsi Bengkulu senada dengan program dari pihak Kementrian Pertanian (Kementan).
  
Sementara itu, saat ini pihaknya mempercepat dan mengintensifikasikan target program Perluasan Areal Tanam (PAT) dengan tiga metode.
 
Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi fenomena alam La Nina yang di prediksi oleh Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bengkulu akan terjadi pada Juli hingga Agustus 2024.
 
Seperti program PAT dengan tiga metode yaitu mengoptimalkan pengelolaan lahan tadah hujan, melakukan pemanfaatan lahan kering melalui penanaman padi gogo dan melaksanakan kegiatan pompanisasi.
 
Oleh karena itu, kata Rizon, pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Standarisasi Instrumen Pertanian BSIP dan telah menandatangani kerjasama dengan pihak Polri dan TNI untuk melaksanakan program tersebut.
 
Selain itu, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu juga tengah mempersiapkan penambahan bantuan benih tanaman pangan guna mengantisipasi La Nina pada 2024.
 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024