Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu mencatat sebanyak 15 ribu ekor hewan jenis kambing, kerbau dan sapi telah dilakukan vaksinasi menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1445 Hijriah.

Vaksinasi tersebut diberikan guna memberikan rasa aman bagi masyarakat yang membeli hewan untuk dikurbankan pada Idul Adha tahun ini.
 
"Kita sudah melakukan vaksinasi untuk seluruh sapi yang ada di Provinsi Bengkulu," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu Muhammad Syarkawi di Bengkulu, Senin.
 
Ia menyebutkan berdasarkan data dari tim di lapangan, jumlah hewan yang akan dijadikan hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah mencapai 15 ribu ekor lebih yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.
 
Selain melakukan vaksinasi, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh hewan guna memastikan kelayakan hewan kurban, baik dari kesehatan hingga sesuai syariat Islam.
 
Pada pemeriksaan kesehatan, pihaknya melakukan secara menyeluruh, mulai dari kondisi fisik tidak ada kecacatan, tidak sedang hamil bagi hewan ternak betina, alat kelamin lengkap bagi hewan ternak jantan serta telah berusia dua tahun.
 
"Kita juga melakukan pemeriksaan terhadap sapi kurban, sehingga layak dikonsumsi pada Lebaran Haji nanti dan tentunya sesuai dengan syariat Islam," ujar dia.
 
Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan guna mengantisipasi hewan terjangkit penyakit, seperti penyakit mulut dan kuku (PMK), penyakit lumpy skin disease (LSD) dan penyakit jembrana.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024