Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu memastikan bahwa seluruh siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah tersebut tetap bersekolah meskipun tidak lulus pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024.   

"Kami jamin bahwa kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu bahwa tidak ada yang tidak dapat sekolah meski tidak lulus PPDB 2024," kata Kepala Disdikbud Kota Bengkulu A. Gunawan di Bengkulu, Kamis.  

Baca juga: Dikbud Kota Bengkulu buka posko pengaduan selama PPDB 2024
 
Ia menyebutkan, jika ada masyarakat yang tidak dapat sekolah, maka Disdikbud akan mendistribusikan ke sekolah-sekolah yang kuota muridnya belum terpenuhi.
 
"Kami jamin dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu bahwa tidak ada satupun anak di Kota Bengkulu tidak mendapatkan sekolah," ujar dia.
 
Untuk itu, terang Gunawan, bagi siswa yang belum mendapatkan sekolah dapat mendatangi posko pengaduan di Kantor Disdikbud Kota Bengkulu pada 4 hingga 6 Juli 2024.
 
Dengan dilaporkan ke posko tersebut, pihaknya dapat membantu mendistribusikan siswa ke sekolah yang terdekat dengan rumah masing-masing dengan kuota yang belum terpenuhi.
 
Sementara itu, pihaknya meminta kepada masyarakat khususnya wali murid untuk melaporkan ke posko pengaduan jika ditemukan adanya kecurangan pada pelaksanaan PPDB 2024.

Baca juga: Polresta Bengkulu ingatkan sekolah tidak lakukan pungli saat PPDB 2024
 
Untuk itu, jika masyarakat menemukan kecurangan harus segera dilaporkan dengan menyertakan alat bukti.
 
Selain itu, hingga saat ini terdapat sejumlah sekolah yang sangat diminati oleh para siswa yaitu SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4 dan SMPN 5 Kota Bengkulu.
 
Gunawan menegaskan kepada seluruh masyarakat bahwa saat ini di wilayah Kota Bengkulu tidak ada lagi sekolah favorit, sehingga semua sekolah memiliki peringkat yang sama.
 
Untuk itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk dapat memanfaatkan zonasi pada proses pelaksanaan PPDB dan jangan menginginkan sekolah yang jauh dari lokasi tempat tinggal.

 

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024