Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada kepala desa (kades) dan warga setempat menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbang) Kabupaten Mukomuko Ali Muksin di Mukomuko, Minggu, mengatakan, pihaknya telah memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada kades dan warga Desa Pondok Makmur, Kecamatan Air Manjuto.

"Selain memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada warga dan kepala desa, kami juga memberikan motivasi dan informasi kepada warga tentang agenda pilkada 2024," katanya.

Ia mengatakan pemerintah daerah setempat bersama dengan pihak TNI dan Kejaksaan memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada warga dan kepala desa setempat.

Menurut dia, pihaknya memberikan pembekalan wawasan kebangsaan dan tentang pilkada tahun ini karena bertepatan dengan agenda pilkada 2024 sehingga pihaknya mengajak pemilih berpartisipasi dalam pesta demokrasi tahun ini.

"Kami juga memberikan pemahaman kepada warga dan kepala desa supaya dalam pilkada nantinya, silahkan berbeda pilihan, tetapi tetap kondusif," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, dalam memberikan pemahaman semacam ini kepada warga yang salah satunya melakukan penguatan wawasan kebangsaan bagi setiap warga.

"Jangan ada menjelang dan setelah pilkada 2024 terjadi pergesekan, meskipun sebenarnya bukan itu, tapi kita kaitkan dengan pelaksanaan pilkada," ujarnya.

Dia mengatakan kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan ini, selain diberikan kepada warga Desa Pondok Makmur, Kecamatan Air Manjuto, juga kepada warga di dua wilayah lain di daerah ini.

Untuk penetapan lokasi wilayah yang akan menjadi sasaran kegiatan pembekalan wawasan kebangsaan selanjutnya, katanya, akan disamakan dengan lokasi yang diusulkan oleh pihak Kodim 0428/Mukomuko.

"Pihak Kodim dan pihak terkait lainnya mengusulkan warga di desa yang menjadi kampung Pancasila di daerah ini untuk diberikan pembekalan wawasan kebangsaan," ujarnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024