Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui petugas pantarlih  Pilkada 2024 kembali mengecek data pemilih yang sudah dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit).
 
Komisioner KPU Kabupaten Mukomuko Misbahul Amri di Mukomuko, Selasa, mengatakan bahwa coklit data pemilih oleh petugas pemuktahiran data pemilih Pilkada 2024 di daerah itu telah mencapai 100 persen dari 139.778 pemilih.
 
"Meskipun coklit data pemilih Pilkada 2024 di daerah sudah 100 persen, namun tahapan coklit masih berlangsung sampai tanggal 24 Juli 2024, untuk itu tugas pantarlih untuk cek kembali siapa tahu masih ada yang keliru," katanya.

Baca juga: KPU Mukomuko lantik Pengganti Antar-Waktu tiga anggota PPS

Baca juga: Coklit data pemilih Pilkada Mukomuko capai 98 persen
 
Ia menyebutkan sebanyak 549 petugas pantarlih di daerah ini mereka melakukan coklit di 148 desa dan tiga kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan.
 
Pengecekan kembali data pemilih Pilkada 2024 yang sudah coklit itu, katanya, untuk memastikan apakah masih ada data yang keliru dalam pemberian kode.
 
Untuk itu, katanya, selagi masih ada waktu sampai tanggal 24 Juli 2024, maka pantarlih harus bisa memfinalkan hasil coklit data pemilih atau tidak ada lagi kekeliruan dalam pelaksanaannya.
 
Setelah itu, katanya, tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan melakukan penyusunan daftar pemilih hasil coklit data pemilih.

Baca juga: KPU Mukomuko minta legislator terpilih segera serahkan LHKPN

Baca juga: Dempo-Kanedi tidak penuhi syarat maju Pilkada, kata KPU Mukomuko
 
Kemudian, katanya, pihaknya juga melakukan evaluasi data pemilih untuk memastikan apakah ada warga yang pindah TPS atau kekeliruan data saat proses coklit yang dilakukan petugas pantarlih.
 
Ia mengatakan, sebanyak 139.778 warga setempat yang masuk dalam data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) pada Pilkada 2024.
 
Ia menambahkan, jumlah pemilih pada Pilkada 2024 di daerah ini meningkat 1.538 orang dibandingkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 lalu sebanyak 138.240 orang.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024