Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan tim gabungan memadamkan dua titik lokasi kebakaran lahan gambut di daerah ini sejak beberapa hari terakhir.
 
Kabid Kedaruratan BPBD Kabupaten Mukomuko Ahmad Hidayat Syah saat dihubungi dari Mukomuko, Ahad, menyebutkan dua titik lokasi kebakaran itu adalah lahan gambut Desa Kota Praja dan lahan yang berada dekat Kemenag dengan pagar perumahan Kejari.
 
"Kebakaran lahan gambut di Desa Kota Praja tinggal asap karena kemarin sore sudah dilokalisir, mudah-mudahan tidak menyebar, termasuk kebakaran lahan dekat Kantor Kemenang sudah disiram," katanya.
 
Tim gabungan yang terlibat dalam memadamkan kebakaran itu dari BPBD, Camat Air Majunto, Kapolsek personil, Koramil dan anggota, Kades Kota Praja, Kasi dan petugas Damkar, dan Satgas BPBD.
 
Ia menjelaskan, kebakaran lahan gambut di Desa Kota Praja dilokalisir dengan cara air yang ada disiram di lahan yang belum terbakar sehingga kebakaran tidak menyebar ke lahan yang belum terbakar.
 
Kendati demikian, katanya, asap dari sisa kebakaran lahan gambut masih ada karena kemungkinan bagian bawah lahan gambut masih ada titik api.
 
Selanjutnya, tim rutin melakukan pengecekan untuk memastikan api tidak menyebar ke lahan gambut yang berada di lahan yang terbakar tersebut.
 
"Pengecekan terakhir sore kemarin, berikutnya kami akan melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada lagi kebakaran lahan di wilayah itu," ujarnya.
 
Sementara itu, untuk melakukan pemadaman secara cepat di titik yang masih terdapat api di lahan tersebut, BPBD menggunakan dua unit mesin pompa air dan selang panjang untuk menjangkau lokasi kebakaran lahan gambut.
 
Ia menambahkan, pihaknya bersama dengan anggota tim lain menggunakan pompa air karena lokasi kebakaran sulit dijangkau menggunakan kendaraan roda empat.
 
Selanjutnya, ia berharap mudah-mudahan kebakaran lahan gambut di Desa Kota Praja tidak terulang lagi.*

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024