Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian mengusulkan sebanyak 32 kelompok tani sebagai calon penerima bantuan pompa air melalui program Perluasan Areal Tanam (PAT) kepada Kementerian Pertanian.

"Yang kami usulkan kemarin sebanyak 32 kelompok tani, dokumen usulan sudah dikirim lewat PDF ke Kementerian Pertanian, selanjutnya menunggu kabar berikutnya," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Fitriani Ilyas, di Mukomuko, Rabu.

Ia menjelaskan 32 kelompok tani ini diusulkan mendapat bantuan pompa air melalui program Kementerian Pertanian dalam menghadapi dan mengantisipasi darurat pangan, yaitu dengan PAT.

Terkait persyaratan yang dibutuhkan untuk mendapatkan bantuan pompa air sudah dilengkapi, seperti surat keputusan (SK) calon petani dan calon lokasi (CPCL).

Sebanyak 32 kelompok tani yang diusulkan mendapat program PAT ini tersebar di sejumlah wilayah, yakni Kecamatan Selagan Raya, Kecamatan Air Manjuto, dan Kecamatan Ipuh.

Ia mengatakan bahwa dalam usulan bantuan program tersebut, 32 kelompok tani ini masing-masing diusulkan mendapat bantuan satu unit pompa air.

Ia berharap Kementerian Pertanian mengakomodasi usulan bantuan pompa air untuk 32 kelompok tani di daerah ini.

Sub Koordinator Saprodi, Alsintan, dan Pembiayaan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Dodi Hardiansyah, sebelumnya mengatakan bahwa bantuan pompa air ini untuk mengairi sekitar 267 hektare lahan sawah tadah hujan di wilayah Kecamatan Ipuh.

Dinas Pertanian mengajukan bantuan pompa air kepada Kementerian Pertanian guna menindaklanjuti usulan permintaan pompa air dari kelompok tani di Kecamatan Ipuh.

Menurutnya, dari beberapa program bantuan pembangunan sarana dan prasarana pertanian dari Pemerintah Pusat, petani di wilayah ini membutuhkan pompa air karena lahan sawah tadah hujan sering mengalami kekeringan saat musim panas.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024