Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu mengimbau kepada seluruh warga di daerah itu agar waspada dan menghindari ruas jalan yang terdapat pohon besar guna mengantisipasi musibah pohon tumbang.
 
"Kami mengimbau kepada masyarakat ketika terjadi angin kencang dan hujan lebat agar menghindari kawasan atau ruas jalan yang terdapat pohon tinggi dan besar," kata Kepala DLH Kota Bengkulu Riduan di Bengkulu, Kamis.
 
Selain mengimbau warga, DLH Kota Bengkulu juga terus melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang dinilai berpotensi roboh atau tumbang jika terjadi angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
 
"DLH Kota Bengkulu sepanjang hari kecuali hari Minggu selalu memangkas pohon. Hal ini dilakukan sebab kita hanya bisa menurunkan satu tim yang terdiri atas 15 orang dengan satu truk, satu mobil pickup dan tangga," ujarnya.
 
Hal tersebut dilakukan karena pohon yang ada di Kota Bengkulu rata-rata telah berumur tua dan ukurannya besar, sehingga diperlukan perawatan lebih ekstra agar aman saat terjadi angin kencang dan sebagainya.
 
Lanjut Riduan, dengan terus dilakukan pemangkasan dan perawatan diharapkan dapat mencegah pohon-pohon itu tumbang saat cuaca buruk.
 
Untuk pemangkasan pohon difokuskan di sejumlah daerah protokol atau area padat lalu lintas dan kemudian perlahan juga ke kawasan permukiman masyarakat.
 
Dia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk menghubungi Kantor DLH Kota Bengkulu jika ditemukan adanya pohon yang berusia tua dan berpotensi tumbang guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024