Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah melakukan seleksi calon peserta umrah gratis tahun 2024 yang akan diberikan kepada 50 perangkat agama dan warga berprestasi di wilayah itu.

Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan program umrah gratis tersebut merupakan salah satu program unggulan bupati dan wakil bupati setempat pada kampanye Pilkada serentak 2020, dengan total anggaran mencapai Rp1,7 miliar.

"Saat ini tim seleksi sedang melakukan pemeriksaan terhadap 51 berkas calon peserta umrah gratis Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024," kata dia.

Dia menjelaskan, pemeriksaan berkas calon peserta program umrah ini dilakukan oleh tim seleksi ini dikukuhkan berdasarkan SK Bupati Rejang Lebong nomor 180.421-VIII Tahun 2024, tanggal 27 Agustus 2024.

Berkas administrasi yang diteliti tim seleksi ini, kata dia, berupa surat permohonan menjadi peserta umrah, foto kopi SK perangkat agama desa dan kelurahan, rekomendasi yang dilegalisir, foto kopi KK, KTP, foto kopi ijazah terakhir, piagam atau sertifikat prestasi. Serta surat keterangan sehat dari dokter RSUD atau puskesmas.

Setelah pelaksanaan seleksi kelengkapan administrasi ini, tambah dia, akan dilanjutkan dengan pelaksanaan uji kompetensi oleh seleksi yang berasal dari IAIN Curup, Kemenag Rejang Lebong, MUI dan lainnya, berupa kemampuan membaca Al-Quran, pengetahuan tentang umrah dan lainnya.

Menurut dia, tahapan selanjutnya pada 11 September para calon peserta ini akan difasilitasi untuk membuat paspor dan pemberian vaksin meningitis.

"Jika semuanya sudah selesai, mereka yang dinyatakan lulus seleksi pada tanggal 24 September 2024 nanti akan diberangkatkan dan dilepas Bupati Rejang Lebong dari Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong," ujarnya.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024