Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, terpilih menjadi salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan Festival Olahraga Pendidikan (FOP) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang dilaksanakan di tanah air pada tahun 2024.

"Kegiatan Festival Olahraga Pendidikan tahun ini dilaksanakan pada 30 lokasi di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Rejang Lebong," kata Asisten Deputi Wawasan Pemuda pada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Edi Nurinda Susila, saat membuka kegiatan FOP di Stadion Air Bang, Rejang Lebong, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan FOP tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 11–12 September 2024, di mana pesertanya berasal dari kalangan pelajar SD hingga SMA sederajat yang ada di wilayah tersebut.

Kegiatan FOP itu sendiri, kata dia, bertujuan untuk memberikan literasi baik secara fisik, sikap, dan kepemimpinan lainnya yang bisa dikembangkan di kalangan pelajar. Hal ini penting karena para pelajar ini nantinya akan menjadi generasi emas pada tahun 2045.

Dia berharap dengan adanya kegiatan ini nantinya para pelajar bisa berinovasi dan berkreativitas terkait dengan hal pendidikan dan kepemudaan.

Asisten III Pemkab Rejang Lebong, Sumardi, yang bertindak mewakili Bupati Rejang Lebong dalam kesempatan tersebut, mengatakan kegiatan itu mengusung tema "Play Today, Lead Tomorrow" atau "Bermain Hari Ini, Memimpin Hari Esok."

"Maksud dan tujuan tema ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada para pelajar melakukan aktivitas gerak jasmani agar memiliki tingkat kesehatan yang prima dan kebugaran," katanya.

Sumardi juga mengatakan rasa syukurnya karena dari 514 kabupaten/kota di tanah air, Kabupaten Rejang Lebong bersama 29 daerah lainnya dipilih sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Keputusan Kemenpora melaksanakan kegiatan ini di Rejang Lebong tidak sembarang pilih, namun melalui proses seperti pendataan, klasifikasi, dan seleksi yang cukup ketat," kata Sumardi.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rejang Lebong, Rezza Pakhlevie, menjelaskan bahwa kegiatan FOP itu sendiri merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Gebyar Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2024.

Pada kegiatan ini, kata Rezza, terdapat beberapa cabang perlombaan, antara lain lomba estafet lokomotor, lomba estafet halang rintang, lomba circuit games, lomba lompat tali, serta sejumlah permainan tradisional lainnya.

"Untuk tingkat SD sederajat terdapat lomba estafet lokomotor, lompat tali, dan circuit games. Kemudian untuk tingkat SMP sederajat terdapat lomba estafet halang rintang, circuit games, dan olahraga tradisional, sedangkan untuk tingkat SMA terdapat lomba estafet halang rintang, circuit games, dan olahraga tradisional," kata Rezza.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024