Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko, Provinsi Bengkulu, ditunjuk menjadi tuan rumah apel siaga perlindungan masyarakat (Linmas) dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Sekretaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Mukomuko Iskameri di Mukomuko, Minggu, mengatakan apel siaga Linmas tingkat Provinsi Bengluku itu digelar pada hari Selasa (17/9) di lapangan sepak bola Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh.

"Pemerintah Provinsi Bengkulu yang menunjuk Kabupaten Mukomuko menjadi tuan rumah apel siaga linmas, selanjutnya yang bergabung dengan kita, yakni linmas dari Kabupaten Bengkulu Utara," katanya.

Ia menjelaskan Pemerintah Provinsi Bengkulu yang mengundang peserta apel siaga linmas, termasuk melibatkan forum koordinasi pimpinan daerah, dan kepala daerah.

Selain Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Utara bergabung dalam apel siaga linmas, juga termasuk kabupaten dan kota lain bergabung dalam apel siaga linmas di daerahnya masing-masing.

"Kemungkinan Gubernur Bengkulu hadir dalam apel siaga linmas di daerah ini," ujarnya.

Terkait dengan bantuan seragam lengkap untuk petugas linmas daerah ini yang mengikuti apel siaga ini, ia mengatakan pihaknya telah membagikan sebanyak 302 paket seragam untuk petugas linmas yang tersebar di 148 desa dan tiga kelurahan di Mukomuko.

"Seragam untuk petugas linmas sebanyak 302 stel itu dibagikan kepada dua petugas linmas per desa dan kelurahan daerah ini," ujarnya.

Sebelum pelaksanaan apel siaga linmas ini, ia mengatakan pihaknya pada hari Senin (16/9) akan melakukan gladi untuk mematangkan persiapan apel siaga linmas ini.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Mukomuko menyiapkan sebanyak 928 petugas linmas untuk membantu kepolisian dalam mengamankan hari pencoblosan dan perhitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Sebanyak 928 orang ini personel Linmas desa dan kelurahan dan tugas mereka otomatis membantu pengamanan di tempat pemungutan suara (TPS)," ujarnya.

Petugas linmas itu ada yang dibiayai dari anggaran pendapatan dan belanja desa dan personel linmas ad hoc yang dibiayai oleh KPU.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024