Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan menyerahkan hadiah berupa uang pembinaan senilai belasan juta rupiah untuk 15 siswa SD dan SMP yang meraih medali atau pemenang Olimpiade Sain Nasional (OSN) yang digelar di sekolah masing-masing secara daring.
 
"Uang pembinaan bagi siswa yang menjadi pemenang OSN ini sebagai motivasi agar mereka lebih giat lagi belajar dan menjadi yang terbaik untuk sekolahnya dan daerah ini," kata dia usai menyerahkan hadiah itu di Mukomuko, Jumat.
 
Ia berharap, setelah anak-anak ini meraih prestasi supaya ke depan mereka terus berjuang untuk menjadi yang terbaik.
 
Ia menyarankan anak-anak jangan hanya mengandalkan dan menjadi beban orang tua, akan tetapi harus lebih giat belajar.
 
Menurutnya, belajar sebagai hal penting karena dapat digunakan oleh setiap orang seumur hidup, sedankan dengan modal belajar ke depan mereka bisa meraih cita-cita di masa depan.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Epi Mardiani mengatakan Bupati Mukomuko Sapuan sudah dua kali memberikan hadiah uang pembinaan kepada siswa yang menjadi pemenang OSN.
 
"Bupati Mukomuko menyerahkan uang pembinaan ini selain memberikan motivasi bagi siswa yang menjadi pemenang OSN, termasuk untuk memotivasi siswa yang belum meraih ini," ujarnya.
 
Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat mendorong anak-anak mulai dari tingkat SD dan SMP di daerah ini untuk belajar lebih giat di sekolah masing-masing.
 
"Jangan mentang-mentang orang tua kaya, kita lupa, dan hanya mengandalkan harta orang tua saja. Karena belajar ini lah yang dapat mengubah masa depan orang," ujarnya.
 
Sebanyak 15 siswa yang menjadi pemenang OSN ini terdiri atas enam siswa tingkat SD dan sembilan siswa SMP. Siswa yang meraih juara satu mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp1 juta, nomor dua Rp750.000, dan juara tiga Rp500 ribu.
 
Sebanyak enam siswa SD di daerah ini mengikuti OSN dengan mata pelajaran Matematika dan IPA, sedangkan sembilan siswa SMP mengikuti OSN dengan mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024