Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bengkulu menyebutkan sebanyak 1.079 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dinyatakan tidak memenuhi syarat pendaftaran administrasi mengajukan sanggahan.

"Untuk masa sanggah, yang mengajukan sebanyak 1.079 orang dan dari penyanggahan tersebut dua diantaranya diakomodir (dinyatakan memenuhi syarat)," kata Kepala BKPSDM Kota Bengkulu Achrawi di Bengkulu, Rabu.
 
Ia menyebutkan, dua peserta yang dinyatakan memenuhi syarat tersebut setelah pihaknya melakukan pemeriksaan berkas dan untuk akreditasi jurusan atau fakultas keduanya dinyatakan memenuhi syarat.
 
"Keduanya diakomodir terkait akreditasi jurusan. Misal sebelumnya C, setelah dilihat secara daring ternyata saat dia lulus B sehingga dikabulkan," kata dia.
 
Untuk pengumuman hasil nama-nama yang dinyatakan memenuhi syarat pada masa sanggah akan dilakukan pada 29 September 2024.
 
Kemudian, pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) selanjutnya masih menunggu arahan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).
 
Tes para peserta nantinya akan mengikuti tes Seksi Kompetensi Dasar (SKD) yang terdiri dari wawancara kebangsaan, tes intelegensia umum dan tes karakteristik pribadi dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).
 
Kemudian, pelamar yang nantinya dinyatakan lulus SKD akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan menggunakan CAT BKN dan untuk jadwal serta lokasi tes akan disampaikan lebih lanjut.
 
Sebelumnya, sebanyak 1.460 dari total 3.752 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah tersebut dinyatakan memenuhi syarat administrasi.
 
Untuk pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi dapat melakukan sanggahan melalui akun masing-masing yang di mulai pada 20 September pukul 00.01 WIB hingga 22 September 2024 pukul 23.59 WIB.
 
Diketahui, Pemkot Bengkulu menerima alokasi 213 formasi CPNS dari Kemenpan-RB sesuai dengan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot, terutama karena banyak ASN di posisi strategis yang sudah memasuki masa pensiun.*

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024