Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menerima pengiriman logistik Pilkada serentak Tahun 2024 berupa surat suara sebanyak 215.507 lembar.

"Alhamdulillah, sore tadi surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong serta untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2024 sudah kita terima," kata Ketua KPU Kabupaten Rejang Lebong Ujang Maman di Rejang Lebong, Kamis.

Dia menjelaskan, surat suara yang mereka terima tersebut totalnya sebanyak 215.507 lembar, terdiri dari surat suara sesuai dengan jumlah DPT sebanyak 208.094 pemilih ditambah 2,5 persen surat suara cadangan dari setiap TPS yang totalnya sebanyak 213.507 lembar, ditambah surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) sebanyak 2.000 lembar.

Surat suara yang diterima pihaknya itu, kata dia, sudah dihitung dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan untuk pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2024 pada 27 November mendatang.

Menurut dia, setelah kedatangan surat suara itu maka selanjutnya yang akan dilakukan penyortiran surat suara. Penyortiran ini dilakukan untuk melihat apakah ada surat suara yang rusak atau tidaknya.

"Jika ada yang rusak maka kita akan melakukan klaim ke penyedia untuk dilakukan pergantian. Setelah disortir maka baru kita lakukan pelipatan surat suara," terangnya.

Sementara itu untuk kebutuhan logistik lainnya yang belum diterima pihaknya, tambah dia, ialah sampul. Sedangkan untuk kotak dan bilik suara, segel, kabel ties dan beberapa jenis logistik lainnya sudah sampai pada September lalu.

"Kita targetkan sebelum tanggal 25 Oktober ini seluruh logistik untuk keperluan Pilkada serentak Tahun 2024 semuanya sudah kita terima," tegas dia.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Eko Budiman saat menyaksikan penurunan surat suara ke gudang logistik KPU Rejang Lebong menyatakan, selama dalam perjalanan surat suara ini dikawal oleh personel dari Sat Brimob Polda Bengkulu.

"Untuk pengamanan dan pengawasan di gudang logistik KPU Rejang Lebong ini kami dari Polres Rejang Lebong juga telah menyiagakan personel dan juga dibantu oleh petugas dari KPU dan Bawaslu Rejang Lebong," kata Eko Budiman.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024