Pengajuan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Bengkulu mengalami lonjakan signifikan sejak Januari hingga awal Oktober 2024.

Peningkatan ini dipicu oleh Operasi Zebra Nala 2024 dan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berlangsung pada bulan Agustus hingga September.

Kasat Lantas Polresta Bengkulu, AKP Nyimas Sophia melalui Ipda Nanang Surohmad, mencatat total penerbitan SIM mencapai 12.366, dengan kenaikan permohonan terutama pada bulan Oktober berkat Operasi Zebra Nala.

"Pengajuan SIM melonjak bulan ini karena Operasi Zebra Nala 2024, mengingatkan pentingnya kepemilikan SIM untuk pengendara," ujarnya di Bengkulu, Kamis.

Di sisi lain, penerbitan SKCK juga mengalami lonjakan. Kasi Humas Polresta Bengkulu, Iptu Endang Sudrajat, mencatat 2.243 SKCK diterbitkan selama proses pendaftaran CPNS, melebihi angka rata-rata harian, yang biasanya berkisar 600-700 per bulan.

"Peningkatan tajam terjadi selama pendaftaran CPNS, khususnya pada akhir Agustus dengan lebih dari 200 pemohon per hari," kata Endang.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024