Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi memberikan hadiah kepada ratusan siswa SMP dan SMA sederajat yang berhasil meraih nilai tertinggi dan nilai 10,00 pada Ujian Nasional 2012.
    
"Kami memberikan hadiah dengan total Rp200,7 juta kepada ratusan siswa yang berprestasi dalam Ujian Nasional (UN) 2012 ini, semata-mata sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang telah diraih dan membanggakan daerah ini," kata dia.
    
Wali Kota Bengkulu yang akrab disapa Bang Ken itu mengatakan, bangsa yang sukses dan maju adalah bangsa yang mengutamakan pendidikan. Untuk memajukan pendidikan salah satu upaya yang dilakukan yakni sejak 2005 Kota Bengkulu dicanangkan sebagai Kota Pelajar.
    
"Dengan berhasilnya ratusan siswa di Kota Bengkulu meraih nilai 10,00 pada beberapa mata pelajaran yang diujikan pada UN membuktikan bahwa putra putri daerah ini mampu sejajar bahkan lebih baik dari anak-anak di daerah lain," ujarnya.
    
Wali kota itu berpesan agar para orang tua jangan pernah berhenti mendorong semangat putra putri mereka untuk rajin belajar dan meraih prestasi.

"Kepada para siswa diharapkan semakin giat belajar dan menerapkan ilmu padi yakni semakin berisi semakin menunduk dan bermanfaat," katanya.
    
Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu, Yunirhan menjelaskan, siswa yang meraih peringkat tiga besar se Kota Bengkulu diberikan hadiah berupa satu netbook, uang tunai dengan jumlah yang bervariasi sesuai peringkat dan piagam.

Sedangkan peraih nilai 10,00 mendapatkan uang Rp300.000 per orang.
    
Yunirhan mengatakan, siswa SMP sederajat yang meraih nilai 10,00 pada UN 2012 sebanyak 199 orang, meningkat 423,4 persen dari 2011 yang hanya sebanyak 47 orang.

Sedangkan peraih nilai 10,00 untuk tingkat SMA/MA pada 2012 sebanyak 416 orang, meningkat 848,97 persen dari 2011 yakni sebanyak 49 orang.

Untuk SMK sebanyak empat orang sedangkan tahun lalu tidak ada.
    
"Selain siswa SMP dan SMA sederajat, hadiah nantinya juga akan diberikan kepada siswa SD sederajat dan siswa berprestasi yang menjadi utusan di tingkat nasional karena Pemerintah Kota Bengkulu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk siswa berprestasi," ujarnya.
    
Hadiah juga disiapkan bagi siswa cerdas yang berasal dari keluarga kurang mampu sebanyak 20-25 orang,meningkat dari 2011 yang hanya sebanyak 15 orang.
    
Peraih peringkat tiga besar se Kota Bengkulu dari SMAN 4 jurusan bahasa, Dian Ayu Lestari mengatakan berterimakasih atas hadiah yang diberikan dan berharap Wali Kota terus memajukan pendidikan di Kota Bengkulu. (mhe)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012