Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan hanya dua dari sebanyak 11 pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) di daerah ini yang membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

“Harga sawit di beberapa pabrik mengalami kenaikan sebesar Rp20 per kg seperti di pabrik PT BMK dan S3. Kecuali harga sawit di PT AMK turun sebesar Rp20 per kg,” kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Jumat.

Baca juga: Petani Mukomuko tolak perpanjangan waktu pengeringan irigasi

Ia mengatakan hal itu setelah menerima data harga pembeli tandan buah segar kelapa sawit petani di daerah ini dari sebanyak 11 pabrik minyak mentah kelapa sawit di daerah ini tanggal 4 Juli 2019.

Ia menyebutkan, pabrik PT BMK pada hari Kamis (4/7) membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga sebesar Rp1.060 per kg, baik dibandingkan sebelumnya sebesar Rp1.040 per kg.

Kemudian harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh pabrik PT S3 di daerah ini sebesar Rp940 per kg, atau meningkat dibandingkan sebelumnya sebesar Rp930 per kg.

Sedangkan harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh pabrik PT AMK pada 4 Juli 2019 sebesar Rp950 per kg, turun dibandingkan sebelumnya sebesar Rp970 per kg.

Baca juga: Nelayan Mukomuko keluhkan dangkalnya muara sungai

Sementara itu harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh delapan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini sejak 2 Juli 2019 sampai sekarang belum ada perubahan.

Seperti harga sawit pabrik PT SSJA sebesar Rp845 per kg, harga sawit di pabrik PT KSM Rp970 per kg, harga sawit di pabrik PT MMIL Rp970 per kg, harga sawit di pabrik PT SAP Rp950 per kg.

Lalu harga sawit di pabrik PT KAS sebesar Rp970 per kg, harga sawit di PT DDP sebesar Rp1.010 per kg, PT USM Rp950 per kg, harga sawit di pabrik PT GSS sebesar Rp1.060 per kg.

Baca juga: KPU Mukomuko batal tetapkan caleg terpilih Pemilu 2019

Sedangkan harga sawit milik petani di Kecamatan Air Manjuto sejak beberapa hari terakhir mengalami kenaikan sebesar Rp50 per kg, dari sebesar Rp750 per kg menjadi Rp800 per kg.

“Kami menjual sawit kepada pedagang pengumpul atau ‘tauke’ sawit sebesar Rp800 per kg sejak empat hari terakhir, naik dibandingkan sebelumnya Rp750 per kg” kata Rohin, petani kebun kelapa sawit di Kecamatan Air Manjuto.

Ia berharap, harga jual tandan buah segar kelapa sawit kepada pedagang pengumpul buah sawit di wilayah ini kembali naik agar pendapatan masyarakat petani di wilayah ini juga meningkat.

Baca juga: Polisi tangkap pencuri sepeda motor di Mukomuko
Baca juga: Polres Mukomuko ungkap kasus pencurian dengan pemberatan di Arah Tiga

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019