Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan hanya satu pabrik dari sebanyak 11 pabrik minyak kelapa sawit (PMKS) di daerah ini yang membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

“Satu pabrik ini yakni PT USM. Harga sawit di pabrik minyak kelapa sawit ini naik berkisar Rp20 per kilogram,” kata Kepala Seksi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa.

Baca juga: KPU Mukomuko tetapkan 25 caleg terpilih, berikut daftarnya

Ia mengatakan hal itu setelah menerima data harga tandan jual buah segar kelapa sawit petani di daerah ini dari sebanyak 11 pabrik minyak mentah kelapa sawit di daerah ini tanggal 22 Juli 2019.

Ia menyebutkan harga pembelian tandan buah segar oleh pabrik PT USM sejak beberapa hari terakhir ini sebesar Rp1.080 per kg, meningkat dibandingkan harga sawit yang dibeli oleh pabrik ini pada 13 Juli 2019 yakni sebesar Rp1.050 per kg.

Namun harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi saat ini sebesar Rp900 per kg, menurun dibandingkan harga sawit yang dibeli oleh pabrik ini pada 13 Juli 2019 sebesar Rp910 per kg.


Baca juga: Diterjang ombak besar, kapal nelayan Mukomuko karam

Sedangkan harga sawit di sembilan pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini masih stabil seperti sebelumnya, yakni harga sawit di di pabrik PT AMK sebesar Rp970 per kg, harga sawit di pabrik PT DDP di Kecamatan Ipuh dan Lubuk Bento sebesar Rp1.050 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik PT BMK sebesar Rp1.120 per kg, harga sawit di pabrik PT KSM sebesar Rp1.000 per kg, di pabrik PT MMIL sebesar Rp1.000 per kg, PT SSS sebesar Rp970 per kg, pabrik PT SAP sebesar Rp985 per kg, PT KAS sebesar Rp1.000 per kg dan harga sawit di PT GSS sebesar Rp1.090 per kg.


Baca juga: Kejari Mukomuko tindak pelaku korupsi dana desa

Ia berharap setelah ini harga pembelian tandan buah segar oleh semua pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di daerah ini terus mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

Sementara harga tandan buah segar kelapa sawit pada tingkat petani di Kecamatan Air Dikit, sejak beberapa hari terakhir sebesar Rp870 per kilogram, mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

“Kami menjual sawit kepada pedagang pengumpul atau ‘tauke’ sawit sebesar Rp870 per kg sejak beberapa hari terakhir, harga sawit sebelumnya sebesar Rp830 per kg,” kata petani kebun kelapa sawit di Kecamatan Air Dikit Rusmin.


Baca juga: 47 desa Mukomuko laksanakan Pilkades serentak 2020

Rusmin yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas sekitar dua hektare ini menjual tandan buah segar kelapa sawit dengan harga sebesar Rp870 per kg kepada tauke sawit di wilayah ini sejak seminggu terakhir.

Ia menyatakan, petani di wilayah ini bisa menjual tandan buah segar kelapa sawit dengan harga sebesar itu kepada tauke karena potongan harga sawit petani yang yang dibeli oleh tauke sawit di wilayah ini tidak terlalu besar, yakni kurang dari sebesar Rp150 per kg.

Selain itu tauke membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga sebesar itu karena tauke menjual buah sawit kepada pabrik minyak kelapa sawit di wilayah ini juga tinggi yakni sekitar Rp1.000 per kg.


Baca juga: Seluruh desa di Mukomuko sudah terima Dana Desa
Baca juga: Kebakaran hanguskan tiga rumah di Mukomuko
Baca juga: Dinsos Mukomuko bergerak bantu korban kebakaran

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019