Sebanyak 16 orang mantan warga binaan pemasyarakatan di bawah binaan pos Balai Pembinaan Masyarakat (Bapas) Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu mendapatkan pelatihan usaha bidang peternakan.

"Ada 16 eks warga binaan pemasyarakatan di bawah bimbingan Bapas Bengkulu, melalui Pos Bapas Curup selama seminggu mendapatkan pelatihan usaha bidang peternakan itik," ujar Pembimbing Kemasyarakatan Muda Bapas Pos Curup, A Mihardi di Rejang Lebong, Rabu.

Baca juga: Jumlah kasus DBD di Rejang Lebong turun

Pelatihan usaha peternakan yang diberikan kepada mantan warga binaan di daerah tersebut, kata dia, diselenggarakan oleh Dinsos Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Dinsos Rejang Lebong dan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Darma Insani Foundation Rejang Lebong terhitung mulai dari 24-30 Juli 2019 kemarin.

Pelatihan yang diberikan pemerintah kepada Bekas Warga Binaan Pemasyarakatan (BWBP) ini merupakan bagian dari program rehabilitasi sosial terhadap mereka yang pernah menyandang masalah sosial di wilayah itu.

Baca juga: Sembilan bulan jaga daerah perbatasan, 450 prajurit TNI kembali ke Bengkulu

Kalangan BWBP ini selain mendapatkan pelatihan usaha peternakan itik, mulai dari penyiapan kandang, menetaskan telur serta teknis pemeliharaan juga mendapat bantuan peralatan pendukung berupa mesin penetas telur itik dan juga ternak itik yang jika dinilai berkisar Rp5 juta. "Pelatihan ini dilaksanakan di Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan, di mana mereka ini dibagi menjadi dua kelompok," kata dia.

Diharapkan program pelatihan kemandirian yang diberikan pemerintah ini nantinya dapat memberikan keterampilan usaha kepada BWBP sehingga bisa menjadikan usaha peternakan itik sebagai sumber pendapatan mereka. "Program pelatihan kemandirian dan bantuan peralatan pendukung usaha peternakan yang mereka terima ini hendaknya bisa meningkatkan perekonomian dengan terciptanya lapangan kerja baru baik yang diselenggarakan secara individu maupun berkelompok," katanya.*

Baca juga: Polres Rejang Lebong serahkan satwa dilindungi ke BKSDA
Baca juga: BPBD Rejang Lebong bentuk sekolah aman bencana
Baca juga: Satpol PP Rejang Lebong razia asbak rokok

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019