Senin, 23 Oktober 2017

HPN di Benteng Marlborough sebagai promosi wisata

id hpn, benteng marlborough
HPN di Benteng Marlborough sebagai promosi wisata
Tenda dalam Benteng Marlborough ini tempat pelaksanaan puncak HPN 2014. (foto/triono subagyo)
Bengkulu,  (Antara) - Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2014 yang digelar di halaman dalam Benteng Marlborough Kota Bengkulu, bertujuan mempromosikan wisata sejarah Bengkulu.

"Puncak peringatan HPN akan digelar pagi ini di halaman dalam Benteng Marlborough untuk mengenalkan salah satu cagar budaya Bengkulu," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Bengkulu Eko Agusrianto.

Ia mengatakan, puncak peringatan HPN yang dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono.

Benteng Marlborough yang merupakan peninggalan kolonial Inggris dipilih sebagai lokasi puncak peringatan HPN untuk mengenalkan cagar budaya sekaligus sejarah perjuangan masyarakat Bengkulu.

Kondisi benteng yang masih kokoh dan terawat dengan baik membuat panitia HPN 2014 menjadikan bangunan bersejarah yang didirikan pada 1713 itu sebagai lokasi puncak peringatan HPN.

Panitia sudah mendirikan panggung dan tenda di bagian dalam benteng untuk perhelatan insan pers yang turut dihadiri Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia.

"Benteng Marlborugh merupakan benteng peninggalan Inggris yang kita tahu Bengkulu merupakan satu-satunya daerah koloni Inggris di Indonesia," katanya.

Selain Benteng Marlborugh, objek wisata sejarah lainnya yang terdapat di Kota Bengkulu adalah rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut.

Rumah yang didiami Bung Karno pada masa pengasingan 1938 hingga 1942 masih terawat dengan baik dan menjadi salah satu objek wisata sejarah andalan.

Ia mengatakan, dengan peringatan HPN 2014 di Kota Bengkulu, diharapkan turut mengangkat potensi wisata daerah ini. "Sebab Bengkulu menempatkan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan, karena wilayah kita hampir 50 persen hutan lindung," katanya.

Dengan kehadiran ribuan insan pers di Bengkulu diharapkan mampu mengangkat dan mengekspos potensi wisata sejarah, wisata alam dan wisata kuliner yang dimiliki daerah ini.

***2***

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2014

Baca Juga