Kamis, 19 Oktober 2017

Tiga Rafflesia Mekar Di Hutan Bengkulu

id Rafflesia
Tiga Rafflesia Mekar Di Hutan Bengkulu
Rafflesia gadutensis mekar di Palak Siring Kemumu, Bengkulu Utara. (Foto Antarabengkulu.com/Helti)
Bengkulu (Antara) - Tiga bunga rafflesia masing-masing dua kuntum Rafflesia arnoldii dan satu kuntum rafflesia gadutensis mekar di dua lokasi hutan berbeda di wilayah Provinsi Bengkulu.

"Dua bunga mekar di Bengkulu Tengah, yaitu jenis rafflesia arnoldii dan satu bunga mekar di hutan Bengkulu Utara jenis rafflesia gadutensis," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu, Sofian Ramadhan di Bengkulu, Kamis.

Ia mengatakan dua bunga rafflesia arnoldii mekar di kawasan hutan Bukit Barisan di jalur lintas yang menghubungkan Kota Bengkulu menuju Kepahiang di kilometer 46 dari Kota Bengkulu.

Lokasi bunga mekar cukup mudah ditemukan sebab anggota kelompok peduli puspa langka di Desa Taba Teret telah membuat tanda berupa spanduk berisi informasi bunga rafflesia mekar.

"Sedangkan bunga rafflesia gadutensis berada di dalam kawasan wisata air terjun Palak Siring, Kemumu, Bengkulu Utara," kata dia.

Gilang Ibni, anggota kelompok peduli puspa langka Desa Taba Teret mengatakan dua bunga yang mekar di habitatnya itu hanya berjarak beberapa meter.

Para pengunjung cukup berjalan sejauh 10 meter ke dalam hutan untuk menyaksikan bunga langka tersebut.

Sedangkan pengurus KPPL Bengkulu Utara, Umbara mengatakan bunga Rafflesia gadutensis yang mekar di kawasan wisata air terjun Palak Siring diperkirakan mekar sempurna pada Jumat (9/6).

"Kami menyiapkan pemandu untuk mendampingi pengunjung menuju lokasi bunga mekar dan di habitat bunga langka ini juga ada air terjun yang cantik," katanya.

Bunga rafflesia arnoldii memiliki diameter yang lebih besar dari Rafflesia gadutensis. Dua jenis rafflesia itu termasuk dalam empat jenis rafflesia yang teridenfikasi di hutan Bengkulu bersama Rafflesia bengkuluensis dan rafflesia hasselti.***1***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga