Senin, 21 Agustus 2017

Dua jenis rafflesia mekar di hutan Bengkulu

id rafflesia
Dua jenis rafflesia mekar di hutan Bengkulu
Bunga Rafflesia arnoldii. (Foto Antarabengkulu.com/Helti)
Bengkulu (Antara) - Dua jenis bunga rafflesia yakni jenis Rafflesia arnoldii dan Rafflesia gadutensis mekar di dua wilayah hutan di Provinsi Bengkulu.

"Dua jenis rafflesia mekar secara bersamaan di dua lokasi berbeda, ini kesempatan langka untuk melihat keunikan bunga rafflesia," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan di Bengkulu, Selasa.

Satu bunga langka itu mekar di kawasan Hutan Lindung Boven Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis bunga yang ditemukan di kawasan tersebut yakni Rafflesia gadutensis.

Sedangkan satu bunga lainnya ditemukan mekar di kawasan Cagar Alam Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, yakni Rafflesia arnoldii.

"Keduanya baru mekar hari ini dan masih bisa dinikmati hingga empat hari ke depan," ucapnya.

Lokasi mekar bunga Rafflesia gadutensis di HL Boven Lais dapat ditempuh selama dua jam berkendara dari Kota Bengkulu.

Untuk mengakses lokasi, pengunjung diarahkan menuju objek wisata air terjun Kemumu.

"Anggota KPPL Bengkulu Utara biasanya menyediakan pemandu untuk mengarahkan pengunjung ke habitat bunga," ujarnya.

Sementara bunga Rafflesia arnoldii di CA Taba Penanjung, Bengkulu Tengah, dapat dicapai dengan berkendara selama 1,5 jam dari Kota Bengkulu.

Warga Desa Taba Teret, Ibnu Fajar, yang menemukan bunga rafflesia mekar itu mengatakan diameter bunga mencapai 65 centimeter dan dapat dinikmati hingga tiga hari ke depan.

Selain jenis Rafflesia arnoldii dan Rafflesia gadutensis, dua jenis bunga rafflesia lainnya yang teridentifikasi di Bengkulu adalah jenis Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia hasselti.***4***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga