Selasa, 22 Agustus 2017

Pos TNI AL Mukomuko Tanam Mangrove

id Mangrove, TNI AL
Pos TNI AL Mukomuko Tanam Mangrove
Penanaman mangrove. (Foto Antarabengkulu.com/Helti)
Mukomuko (Antara) - Pos TNI Angkatan Laut Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan berbagai pihak menanam pohon bakau atau mangrove di sepanjang pinggir pantai dalam kondisi kritis akibat tergerus pantai di daerah ini.

"Kami kerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional, Kesbangpol, dan bandara untuk menanam pohon bakau di pantai kritis di daerah ini," kata Komandan Pos TNI Angkatan Laut Mukomuko Peltu (B) Sapto Agus P, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan, selain itu Pos TNI Al setempat juga akan kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), instansi terkait dan perusahaan yang bergerak di bidang konservasi kawasan hutan di daerahnya.

Ia berencana, pada tahap pertama ini akan menanam sekitar 1.000 bibit pohon bakau di pinggir pantai yang kritis di daerah itu.

Namun, pihaknya belum menentukan lokasi penanaman pohon bakau di pantai yang tergerus abrasi di Kecamatan Kota Mukomuko atau Kecamatan Air Dikit.

"Kami coba tanam hutan bakau di pinggir Pantai Air Punggur, Kecamatan Kota Mukomuko, karena di lokasi itu yang terlihat paling parah tergerus abrasi pantai," ujarnya lagi.

Selain itu, ia mengatakan, upaya itu untuk menyelamatkan permukiman penduduk dan Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Padang.

Pihaknya masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk menentukan waktu dan tempat kegiatan penanaman hutan bakau tersebut.***1***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga