Selasa, 22 Agustus 2017

Harga Gabah Di Mukomuko Turun

id Gabah
Harga Gabah Di Mukomuko Turun
Petani Mukomuko. (Foto Indra Gandi)
Mukomuko (Antara) - Harga jual gabah kering panen (GKP) tingkat petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak sebulan terakhir berkisar Rp4.100-Rp4.200 per kg, atau mengalami penurunan dibandingkan sebelumnya.

"Harga gabah turun dari berkisar Rp4.400-Rp4.600 per kg menjadi Rp4.100-Rp4.200 per kg. Harga gabah turun karena petani baru selesai panen raya," kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Hari Mastaman, di Mukomuko, Kamis.

Menurutnya, harga jual gabah sebesar Rp4.100-Rp4.200 per kg di tingkat petani setempat masih standar, karena harganya masih di atas Rp4.000 per kg.

Ia memastikan, harga jual gabah di tingkat petani di daerah itu hanya bertahan beberapa bulan, setelah itu naik karena tidak ada petani yang panen raya.

"Setelah sebulan selesai panen raya, harganya akan berangsur naik lagi," ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya harga jual gabah di tingkat petani mencapai Rp4.400-Rp4.600 per kg karena pada saat itu hanya sebagian kecil saja petani di daerah itu yang panen raya.

Setelah semua petani mulai dari Kecamatan Malin Deman, Ipuh, Selagan Raya, Lubuk Pinang panen raya harga mulai beransur turun.

Namun, katanya, petani setempat masih mendapatkan keuntungan menjual gabah dengan harga sebesar itu.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga