Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menggelar acara lomba mancing sepanjang pantai di Kelurahan Koto Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko, Sabtu (11/12).
 
Ketua Pelaksana Acara Lomba Mancing PWI Kabupaten Mukomuko Eri Yanto mengatakan kegiatan lomba mancing lepas pantai, Sabtu (11/12) di Pantai Kenangan atau Pantai Badri, Kelurahan Koto Jaya, Kota Mukomuko.  
 
Ia menyebutkan, total hadiah yang bisa didapat oleh peserta sebesar Rp7 juta dan trofi. Dan peserta juga berkesempatan mendapatkan hadiah undian (doorprize) berupa puluhan barang-barang menarik. 
 
Untuk itu, ia mengajak, masyarakat yang hobi mancing agar mengikuti acara ini dengan biaya pendaftaran sebesar Rp50 ribu di Sekretariat PWI Mukomuko di Desa Ujung Padang, Kecamatan Kota Mukomuko, atau dapat menghubungi Eri Yanto dengan nomor hand phone 0813-6746-46-71 atau Seno A.M 0853-5796-0500. 
 
"Bagi yang sudah membeli tiket pendaftaran kami ucapkan terimakasih. Bagi yang belum ayo segera mendaftar. Caranya mudah, tinggal beli tiket sebesar Rp50 ribu per lembar," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pemenang lomba mancing akan diambil tiga orang, yakni juara pertama, kedua, dan ketiga ditentukan berdasarkan berat ikan yang didapat. 
 
Juara pertama akan mendapat hadiah Rp4 juta dan trofi, juara dua Rp2 juta dan trofi, dan juara tiga mendapat uang Rp1 juta dan trofi. 
 
"Bagi peserta yang belum menjadi juara, tenang tidak perlu kecewa. Masih ada puluhan hadiah undian menarik menanti. Doorprize akan diundi di akhir acara. Semua berkesempatan dapat," ujarnya. 
 
Sementara itu, pemancing senior, Juni Erwani atau atau yang lebih dikenal Bang One Fishing yang ditunjuk oleh panitia sebagai dewan juri mengatakan, lokasi lomba mancing PWI Mukomuko kali ini dijamin asik dan menarik. 
 
Dari pengalaman para pemancing selama ini, umpan para pemancing kerap disambar ikan predator yang beratnya di atas lima kilogram. Sepanjang garis pantai yang dijadikan lokasi lomba terdapat palung-palung atau cekungan dasar laut lebih dalam yang menjadi "surga" ikan predator mencari makan. 
 
"Kalau dari kacamata saya, lokasinya sangat menarik dan potensial umpan akan disambar. Bukan itu saja, pasir pantai yang halus juga asik untuk mengajak keluarga bertamasya. Ini paket komplit, bisa mancing sembari ajak keluarga liburan," ujarnya Bang One. 
 
Lanjut Bang One, kesepakatan dewan juri dan panitia, ikan yang akan masuk nominasi juara untuk semua jenis ikan dengan berat minimal dua kilogram. Juara akan ditentukan berdasarkan ikan terberat secara berurutan terberat satu, dua, dan tiga.
 
"Tehnik mancing yang dilombakan tehnik dasaran atau teknik pasir. Setiap joran rangkaian mata kailnya maksimal tiga mata kail. Sampai saat ini, teknik dasaran masih digandrungi para pencinta joran melengkung. Ini akan menarik sekali," ujar Bang One. 
 
Wawan yang juga seorang Youtuber dengan Chanel Bang One Fishing ini juga mengatakan, ajang perlombaan ini sangat menarik untuk mengisi konten para youtuber, khususnya yang fokus mengulas konten tentang mancing. 
 
"Rekomendasi sekali ini untuk konten. Ayo para pemancing dan juga youtuber yang mau main anyir dan berkarya, merapat ke lokasi pada tanggal 11 Desember 2021 mendatang. Kita ketemu di lokasi. Salam Joran Melengkung," ujarnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021