Kementerian Agama Kota Sungai Penuh, Jambi, melakukan studi tiru ke Kemenag Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu untuk melaksanakan Program Satu Calon Pengantin Menanam Minimal Satu Pohon untuk Penghijauan. 
 
Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mukomuko, Widodo, dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa, mengatakan kunjungan studi tiru tersebut dipimpin oleh Kepala Kemenag Kota Sungai Penuh Herdiman.
 
"Dalam kunjungan tersebut Kemenag Kota Sungai Penuh ingin melihat pencapaian salah atau program Kemenag daerah ini, yakni satu calon pengantin atau pohon, dan mereka tertarik untuk menerapkan di wilayahnya," ujarnya.
 
Ia mengatakan program satu calon pengantin satu pohon tersebut merupakan salah satu inovasi yang diluncurkan oleh Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.
 
Ia mengatakan, pihaknya mengimbau setiap calon pengantin untuk menanam minimal satu pohon di lingkungannya masing-masing atau di fasilitas umum di daerah ini.
 
"Program ini bertujuan untuk penghijauan lingkungan di daerah ini dan program ini akan terus kita jalankan terutama imbauan kepada calon pengantin di daerah ini," ujarnya pula.
 
Selain itu, Kantor Kemenag Kota Sungai Penuh juga tertarik terhadap Program Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag berbagi setiap hari Jumat kepada masyarakat setempat.
 
Para ibu-ibu yang tergabung dalam DWP Kemenag berbagi sebelumnya berbagi kepada masyarakat yang menjalani isolasi mandiri karena dinyatakan positif tertular virus corona.
 
Ia mengatakan, meskipun sekarang ini tidak ada lagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri, namun Program DWP Kemenag berbagai tetap berjalan untuk orang yang tidak mampu secara ekonomi.
 
Ia mengatakan masih banyak lagi program inovasi di Kemenag daerah ini dan semuanya telah diluncurkan, namun dari sekian banyak program tersebut hanya dua yang menarik untuk diterapkan oleh Kemenag Kota Sungai Penuh.
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022