Pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan empat orang pasien COVID-19 di daerah itu dinyatakan sembuh setelah beberapa pekan menjalani perawatan serta isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong yang juga Jubir Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong, Syahfawi dalam keterangan tertulisnya di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan jumlah warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 terhitung 1 Januari hingga 16 September 2022 mencapai 955 kasus.

"Pada hari ini ada empat pasien yang dinyatakan sembuh sehingga total pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 942 kasus, kemudian tiga kasus meninggal dunia dan sembilan kasus masih menjalani isolasi mandiri serta satu kasus lagi tengah menjalani perawatan di rumah sakit," kata dia.

Dia menjelaskan, empat pasien yang dinyatakan sembuh ini ialah kasus 4.345 berjenis kelamin perempuan berumur 69 tahun dari Kecamatan Curup Timur, selanjutnya pasien 4.346 berjenis kelamin laki-laki yang berumur 21 tahun dari Kecamatan Selupu Rejang.

Kemudian pasien 4.347 berjenis kelamin perempuan berumur 20 tahun dari Kecamatan Bermani Ulu Raya, serta pasien 4.348 berjenis kelamin laki-laki berumur 20 tahun berasal dari Kecamatan Binduriang.

Kalangan warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, kata dia, sebagian besar adalah mereka yang memiliki KTP asal Rejang Lebong namun berdomisili di luar daerah, mengingat aplikasi yang menghitung jumlah pasien ini dilakukan berdasarkan KTP yang dimiliki seseorang.

Sedangkan untuk sebagian pasien terkonfirmasi positif COVID-19 lainnya memiliki KTP Rejang Lebong dan berdomisili dalam 15 kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong.

Sementara itu untuk jumlah sampel tes PCR yang diambil dari masyarakat di daerah itu guna diperiksa di laboratorium mencapai 1.779 spesimen dengan hasil dinyatakan positif sebanyak 407 sampel atau 22,88 persen dan 1.372 sampel lainnya dinyatakan negatif.

Sedangkan untuk sampel antigen yang diperiksa mencapai 7.925 spesimen dengan hasil antigen positif sebanyak 1.231 sampel (15,53 persen) dan 6.694 sampel dinyatakan antigen negatif.

Kendati penyebaran COVID-19 di wilayah itu terus mengalami penurunan namun kalangan masyarakat Rejang Lebong diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan 5M sehingga kasus penyebaran virus mematikan itu tidak kembali meningkat.***3***

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022