Rejanglebong (Antara) - Alokasi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM-MP) yang diterima Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu pada tahun 2013 mencapai Rp7,5 miliar.

"Total alokasi dana PNPM-MP yang diterima Kabupaten Rejanglebong tahun 2013 lalu senilai Rp7,5 miliar yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan penguatan perekonomian masyarakat, dan hasilnya akan diresmikan oleh Bupati Rejanglebong pada 25 Juni 2014 nanti," kata Koordinator PNPM-MP Rejanglebong, Dadi Tama, di Rejanglebong, Rabu.

Peresmian hasil kerja PNPM-MP di daerah ini, kata dia, akan dipusatkan di lokasi water boom Desa Tunas Harapan Kecamatan Curup Utara.

Acara peresmian hasil PNPM-MP itu, akan menandai pemanfaatan sejumlah infrastruktur yang dihasilkan dan dikelola oleh masyarakat setempat.

Alokasi dana PNPM-MP di Rejanglebong pada tahun lalu, kata dia lagi, bersumber dari APBN dan dana pendamping dari APBD Kabupaten Rejanglebong dengan prioritas pembangunan infrastruktur dan bantuan usaha kecil menengah (UKM) untuk lima kecamatan terutama di wilayah perkotaan.

PNPM-MP yang diterima daerah itu, menurut dia, selain difokuskan pada kegiatan pembangunan infrastruktur dasar, seperti jalan setapak, pembangunan drainase, penataan kawasan kumuh, bedah rumah, pembangunan pelapis tebing, dan penguatan perekonomian masyarakat terutama kaum ibu-ibu dan lainnya.

Selain itu, juga dilakukan penataan lingkungan permukiman berbasis komunitas pada dua kelurahan, Tunas Harapan Curup Utara dan Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan, dengan anggaran mencapai Rp2 miliar.

Diharapkan dengan kegiatan PNPM-MP di daerah tersebut nantinya dapat memenuhi berbagai kebutuhan pembangunan dalam kawasan perkotaan, dan penguatan bidang ekonomi masyarakat selama ini belum dijangkau oleh program pemerintah daerah setempat, kata dia lagi.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014