DPRD Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengesahkan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun Anggaran 2023 sebesar Rp980 miliar, meningkat dibandingkan tahun ini Rp926 miliar.

"Semua proses tahapan penganggaran sudah selesai dan sudah ada kesepakatan tinggal tugas eksekutif untuk melaksanakan evaluasi ke pihak provinsi," kata Ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu usai rapat pleno pengesahan Perda APBD 2023 yang hadiri oleh Bupati Mukomuko Sapuan, Wakil Bupati Wasri, seluruh anggota DPRD, dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Ali Saftaini mengatakan, Insya Allah dalam waktu dekat atau 15 hari ke depan evaluasi selesai sehingga memasuki awal tahun 2023 sudah punya nomor register APBD dan mulai bulan Januari APBD sudah bisa dipakai.

Menurut dia, APBD 2023 disahkan masih batas koridor yang ditentukan oleh peraturan perundangan yang berlaku dan postur APBD 2023 ada sedikit penambahan angka di belakangnya.

Ia mengungkapkan, untuk pendapatan jumlahnya di angka Rp925 miliar, untuk belanja pemerintah daerah setempat sebesar Rp980 miliar, atau ada defisit Rp54 miliar.

"Di sisi yang lain pembiayaan kita prediksi di angka Rp56 miliar. Mengapa pembiayaan kita berani sediakan sebesar Rp56 miliar karena tahun sebelumnya pembiayaan kita di angka Rp70 miliar," ujarnya.

Ia menambahkan, dengan pembiayaan Rp56 miliar ada pengeluaran pembiayaan sekitar Rp2,5 miliar sehingga sisa pembiayaan atau pengeluaran pembiayaan di angka Rp54 miliar
itu pun untuk mengimbangi kekurangan belanja belanja, yang kurang itu akan ditutupi dengan pembiayaan.

"Kami garisbawahi sumber pendapatan tidak hanya sisa lebih penghitungan anggaran atau Silpa, yang namanya pembiayaan itu Silpa dan namanya penerimaan pembiayaan," ujarnya.

Bupati Mukomuko Sapuan mengatakan bersyukur setelah disahkan ini segera mungkin dari eksekutif menyampaikan kepada gubernur agar bisa ditetapkan sebagai peraturan daerah.

"Tentu kami mengucapkan terima kasih kepada dewan, ketua dan komisi dan seluruh anggota dewan. Mudah-mudahan dengan ini pelayanan tepat juga pada 2023," ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022