Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, mengawasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) menjelang masa mudik Lebaran 2023 dengan melakukan pengecekan dan tera ulang mesin pompa.
 
Pengawasan SPBU menjelang masa mudik lebaran oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko guna melaksanakan perintah dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perdagangan.
 
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana di Mukomuko, Rabu, mengatakan, pengawasan dilaksanakan bersama dengan polisi.
 
"Kami dari tim Dinas Perindag Mukomuko itu melakukan pengawasan Meteorologi ke lapangan. Kami sidak ke SPBU dan pertashop juga yang dilewati oleh arus mudik," ujarnya.
 
Ia mengatakan, pengawasan SPBU ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada warga masyarakat yang mudik dan balik lebaran melewati Jalan Lintas Sumatera di Kabupaten Mukomuko.
 
"Kita juga melakukan tera ulang untuk memastikan keakuratan pompa di SPBU ini dan semua ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada konsumen yang memakai bahan bakar minyak (BBM)," ujarnya.
 
Ia menyebutkan, tim metrologi dari dinas ini dan polisi melakukan pengawasan dan pemeriksaan pompa di SPBU Kelurahan Bandar Ratu, SPBU Arah Tiga dan sejumlah pertashop di daerah ini.
 
Menurutnya, karena bulan Desember 2022 SPBU dan pertashop sudah melakukan tera ulang, maka hasil pemeriksaan saat ini masih pompa yang digunakan masih toleransi batas wajar, yakni 0,5 persen. "Kalau lebih dari itu maka perlu dicurigai," ujarnya.
 
Selain itu, katanya, hasil tera di SPBU dan pertashop ada beberapa hasil 0,2 persen 0,4 persen dan 0,5 persen, secara global 0,5 persen.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, instansinya melakukan inspeksi mendadak dalam rangka pengawasan SPBU apabila ada permintaan dari masyarakat atau ada kasus dan pengaduan dari masyarakat.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023