Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan layanan kesehatan bagi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di daerah ini tetap jalan selama libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Layanan BPJS segala macam tetap jalan, misalnya orang butuh rekomendasi segala macam tetap jalan," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jajad Sudrajat di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan, siapa tahu memang rekomendasi berobat menggunakan BPJS kesehatan yang dibutuhkan dari Dinas Kesehatan, itu dipastikan tetap jalan.

Ia menyatakan, intinya instansinya tidak menutup pelayanan kesehatan, dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat bagi masyarakat setempat tetap berjalan selama libur lebaran tahun ini.

"Kalau pun pelayanan kesehatan tidak bisa di dinas ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di 17 puskesmas di daerah ini," ujarnya.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan di puskesmas di daerah selama libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah ini memakai sistem piket sehingga petugas kesehatan wajib "Standby" atau bersiap melayani masyarakat.

Ia menambahkan, karena fasilitas kesehatan seperti puskemas dan pusat pelayanan terpadu atau pustu wajib memberikan pelayanan kesehatan.

Instansinya selain menyiagakan petugas kesehatan di 17 puskesmas terutama di pinggir Jalan Lintas Sumatera serta di lima pos kesehatan yang bergabung dengan pos pengamanan dan pelayanan.

Ia menyebutkan, setiap hari instansi melalui puskesmas menyiagakan sedikitnya 20 petugas kesehatan di lima pos kesehatan selama arus mudik Lebaran di daerah ini.

"Lima pos kesehatan ini bergabung dengan pos pengamanan dan pelayanan. Di setiap pos ini ada empat petugas kesehatan per hari," ujarnya.

Sebanyak lima pos pengamanan dan pelayanan kesehatan tersebut tersebar di sejumlah kecamatan, yakni Air Rami, Teramang Jaya di wilayah Bantal, Penarik, Kota Mukomuko, dan Lubuk Pinang.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023