Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Sapuan dan jajarannya Rabu pagi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) untuk memastikan kehadiran aparatur sipil negara pada hari pertama kerja setelah libur Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
Berdasarkan pantauan di Mukomuko, Rabu, Bupati Mukomuko Sapuan, Wakil Bupati Wasri, Sekretaris Daerah Abdiyanto dan sejumlah pejabat melakukan sidak di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah daerah setempat.
 
"Alhamdulillah syukur rata-rata pegawai kita sudah 87 persen hadir hari pertama masuk kerja," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko Abdiyanto di Mukomuko, Rabu.
 
Ia mengatakan, bupati bersama rombongan pejabat melakukan sidak di beberapa OPD yang banyak kegiatan terutama OPD yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.
 
"Kita lihat kesiapan organisasi perangkat daerah yang baik kegiatan dan yang memberikan pelayanan, mereka siap untuk melakukan kegiatannya dan mereka juga siap menerima dan melayani masyarakat seperti pelayanan administrasi kependudukan," ujarnya pula.
 
Terkait dengan lebih dari sebanyak 13 persen aparatur sipil negara yang tidak masuk saat hari pertama kerja, ia mengatakan, mayoritas yang tidak masuk tersebut non ASN.
 
Selain itu, menurutnya, masih ada ASN di lingkungan pemerintah daerah setempat yang tidak masuk hari pertama kerja karena ada missinformasi tentang jadwal libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Ada sebagian aparatur sipil negara yang menganggap hari pertama masuk kerja besok Kamis (27/4), dan hari ini mereka anggap masih cuti," ujarnya.
 
Ia mengatakan, karena ada beberapa surat edaran sebelumnya tentang hari Rabu (26/4) ini masih libur bersama lebaran, sehingga ketentuan surat edaran ini yang membuat ASN libur lebaran.
 
Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa di daerah ini tingkat kedisiplinan aparatur sipil negara secara bertahap sudah mulai membaik baik dari sisi kehadiran maupun kinerja.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023