Mukomuko (Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melakukan penyemprotan secara massal kandang unggas masyarakat menggunakan disinfektan untuk mengantisipasi flu burung.

"Penyemprotan kandang unggasnya ini dilakukan masyarakat pemilik peliharaan unggas," kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Jumadi, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, dinas itu telah memberikan obat atau disinfektan ke setiap desa di daerah itu agar dibagikan secara merata ke masyarakat setempat yang punya peliharaan unggas.

Ia berharap, masyarakat yang telah menerima bantuan disinfektan dari pemerintah setempat dapat menggunakannya untuk menyemprotkan kandang unggasnya.

Ia mengatakan, agar unggas peliharaan warga termasuk kelompok tani peternak unggas terhindar dari penyakit flu burung.

Menurutnya, bantuan disinfektan untuk masyarakat yang punya peliharaan unggas itu rutin diberikan setiap tahun bahkan dua kali setahun guna mengantisipasi penyakit flu burung.

Apalagi, katanya, saat ini cuaca di daerah itu sedang tidak menentu. Kadang panas dan kadang hujan sehingga berpengaruh terhadap kesehatan unggas.

Untuk itu, lanjutnya, kandang unggas tersebut perlu disemprot secara rutin agar penyakit khususnya flu burung tidak menular pada unggas di daerah itu.***3***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014