Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mencatat ada dua pabrik membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit milik petani harga lebih tinggi dibandingkan dengan harga penetapan pemerintah provinsi sebesar Rp1.760 per kilogram.
 
"Dua pabrik kelapa sawit yang membeli sawit lebih tinggi dari harga penetapan pemerintah provinsi, yakni PT Surya Andalan Primatama dan PT Gajah Sakti Sawit," kata Kepala Bidang Perkebunan Kabupaten Mukomuko Iwan Cahaya di Mukomuko, Kamis. 
 
Ia mengatakan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit di PT Surya Andalan Primatama sejak beberapa hari terakhir sebesar Rp1.780 per kg dan PT PT Gajah Sakti Sawit sebesar Rp1.780 per kg.

Baca juga: Mukomuko sosialisasikan program peremajaan sawit kepada petani
Baca juga: Empat kelompok tani di Mukomuko dapat rekomendasi peremajaan sawit
 
Sedangkan harga pembelian sawit di dua pabrik lain, yakni PT Muko Muko Indah Lestari dan PT Daria Dharma Pratama dengan harga penetapan pemerintah provinsi sebesar Rp1.760 per kg.
 
Saat ini masih tersisa sebanyak lima pabrik kelapa sawit yang membeli TBS kelapa sawit milik petani lebih rendah dibandingkan dengan harga penetapan pemerintah provinsi.
 
Ia menyebutkan, harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas Rp1.740 per kg, PT Sentosa Sejahtera Sejati sebesar Rp1.740 per kg, harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo sebesar Rp1.710 per kg.

Baca juga: Idul Adha, pabrik sawit di Mukomuko tetap buka
Baca juga: Mukomuko minta pabrik beli sawit petani minimal Rp1.760 per kilogram
 
Kemudian harga sawit di PT Bumi Mentari Karya sebesar Rp1.750 per kg dan PT Usaha Sawit Mandiri sebesar Rp1.730 per per kg.
 
"Kita telah menyurati lima pabrik kelapa sawit di daerah ini agar mereka membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani sesuai harga penetapan pemerintah provinsi," ujarnya.

Baca juga: Mukomuko gunakan DBH sawit bangun jalan kebun warga
Baca juga: Distan Mukomuko datangi pabrik yang beli sawit murah
 
Ia mengatakan, pemerintah provinsi dalam waktu dekat ini akan menetapkan kembali harga TBS kelapa sawit untuk periode bulan Juli hingga Agustus 2023.
 
"Kita telah mendapatkan undangan untuk mengikuti rapat penetapan pembelian harga TBS kelapa sawit bulan Juli," kata Iwan.
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Anom Prihantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2023